Kodim 1413/Buton Pantau Kondisi Masyarakat Sebelum dan Pasca Vaksin

  • Bagikan
Masyarakat saat mengikuti vaksinasi oleh Kodim 1413/Buton (Foto Ist)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Setelah tahap vaksinasi selesai, masyarakat diimbau untuk tetap berkonsultasi dengan tenaga kesehatan yang menjadi tim vaksinator apabila mengalami gejala.

Dandim 1413/Buton, Letkol Arm Muhammad Faozan mengatakan, personil Kodim 1413/Buton di masing-masing Koramil selalu melakukan pendampingan dan pemantauan giat vaksinasi. Mulai dari tahap registrasi, screening, penyuntikan vaksin, hingga pada tahap observasi di lokasi pelaksanaan vaksinasi.

“Meskipun masa observasi sudah dilakukan yaitu mengecek kembali kondisi tubuh peserta 30 menit seusai vaksin telah dilakukan di lokasi vaksinasi, masyarakat dianjurkan untuk tetap melakukan konsultasi dari rumah pasca menerima vaksin jika diperlukan,” ujar Letkol Arm Muhammad Faozan, melalui press releasenya, Kamis (18/11/2021).

Untuk itu, pihaknya menyertakan nomor concact person tim vaksinator yang dapat dihubungi terkait adanya keluhan atau tidaknya pasca vaksin. Misalnya di Koramil 1413-08/Tomia, Kodim 1413/Buton memberikan nomor tim vaksinator kepada peserta vaksin.

“Misalnya vaksinasi hari ini (18/11) di MTs Negeri Tomia, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi dapat menghubungi Ibu Nurmalani S.Kep Ners sebagai tim vaksinator, dr. Tahria Alfadiyah tim screening sekaligus untuk konsultasi,” kata Faozan.

Selain untuk konsultasi, Faozan mengatakan pihaknya juga memberikan nomor handphone yang dapat dihubungi jika masyarakat ingin mendaftarkan diri untuk ikut vaksin.

Baca:   Kodim 1413 Buton: Program Serbuan Vaksin Terpadu TNI Tentu Menjangkau Wilayah Teritorial

“Bisa mendaftarkan diri sebelumnya melalui tim vaksinator pada bagian pendaftaran yaitu Bapak Irfan Syahrir,” ungkapnya.

Adapun personil yang bertugas melaksanakan pendampingan dan pengawasan tim medis yaitu   Babinsa Koramil 1413-08/Tomia, Sertu Danarudin bersama anggota. Vaksinasi jenis Sinovac di MTs N Tomia kepada 24 pelajar disaksikan langsung oleh Kepala Sekolah MTs.N. Tomia, Abdul Haji S.Pd. 

Hal yang sama juga dilakukan di beberapa titik vaksinasi di wilayah lain diantaranya Di Kabupaten Bombana dilakukan di 3 Koramil yaitu di Koramil 1413-06/Rumbia sebanyak 19 orang, Koramil 1413-12/Poleang sebanyak 140 orang, dan Koramil 1413-05/Kabaena sebanyak 20 orang. Sementara di Kabupaten Buton dilakukan di Koramil 1413-02/Pasarwajo kepada sebanyak 36 orang. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan