Kodim 1413/Buton Perkuat Wawasan Kebangsaan kepada Siswa SMAN 1 Baubau

  • Bagikan
Kasdim 1413 /Buton Mayor Inf Sumarji saat memberikan materi wawasan kebangsaan dihadapkan ratusan siswa SMAN 1 Baubau. (Foto: Pasi Intel Kodim 1413 /Buton Kapten Chb Takdir Kasturi /SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Untuk lebih memberikan pemahaman akan arti Pancasila kepada pelajar, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1413/Buton Mayor Inf Sumarji menggelar pertemuan sekaligus memberikan materi dan sosialisasi pelaksanaan kegiatan wawasan kebangsaan serentak TNI AD Tahun 2017 dihadapan ratusan siswa SMAN 1 Baubau, Senin (24/7/2017).

“Materi yang kami sampaikan menjelaskan tentang nilai- nilai pokok yang terkandung dalam Pancasila yang merupakan dasar falsafah negara,” kata Sumarji. 

Dalam materi itu menegaskan salah satu pengikut, perekat dan pemersatu bangsa adalah Pancasila. Esensi dari Pancasila adalah religius, keadilan, kekeluargaan dan kebersamaan. Selain itu Pancasila harus dilaksanakan secara konsisten dalam berbangsa dan bernegara.

“Pancasila merupakan acuan dasar dalam berpikir dan bertindak. Pancasila yang membuat kita kuat, tidak terpecah-pecah hingga hari ini,” tambah Sumarji. 

Sebagai penutup dalam giat Kodim 1413 /Buton, dia mengajak kepada para siswa untuk tidak terpengaruh dengan ajakan aliran sesat yang mengatasnamakan agama, kelompok, golongan sepeti Gafatar dan ISIS.

“Jangan sampai terpengaruh, sekarang ini banyak kegiatan-kegiatan yang menentang dan keluar dari ideologi kita,” ujarnya.

Laporan: Rian Adriansyah

Baca:   UNBK 2019, SMAN 1 Baubau Numpang ke Sekolah Lain
  • Bagikan