Kolaka Timur Meraih Juara 3 Stan Terbaik Pameran HPN 2022

  • Bagikan
Penyerahan penghargaan stan terbaik pameran HPN 2022 oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi kepada Bupati Koltim melalui Staf Ahli Setda Herman Amin. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: Hari Pers Nasional (HPN) 2022 berpusat di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara membawa keberuntungan bagi Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur. Bagaimana tidak, dari semua kabupaten/kota di “Bumi Anoa” ini, Koltim menyabet juara kategori stan terbaik.

Stan Kabupaten Koltim meraih juara tiga dalam pameran potensi produk unggulan UMKM dan peluang investasi daerah dari 17 kabupaten dan kota di Provinsi Sultra.

Penghargaan itu langsung diserahkan Gubernur Sultra, Ali Mazi di momen malam penutupan HPN, kawasan eks MTQ Kendari kepada Bupati Koltim melalui Staf Ahli Setda Herman Amin, Rabu (9 Februari 2022).

Dikatakan Ali Mazi, pameran HPN menjadi peluang bagi setiap daerah menunjukkan potensi dan kekayaan alam yang dimiliki mulai dari pertambangan, pariwisata, kelautan, perikanan, perkebunan, potensi olahan lainnya yang dimanfaatkan oleh daerah masing-masing.

“Ini agar dikenal secara luas,” ujarnya.

Salah satu daya pikat pengunjung stan Koltim adalah Sorgum. Komoditas ini dikelola masyarakat setempat sebagai salah satu bahan olahan makanan, seperti roti dan keripik.

Dalam sektor peternakan, daun Sorgum juga digunakan sebagai pakan ternak. Sementara tangkainya diolah untuk menghasilkan kerajinan tangan yang cantik.

Dijelaskan Kepala Dinas Pangan Koltim, Idarwati, wilayah Koltim menjadi sentra penagkaran benih Sorgum untuk Provinsi Sultra yang ditetapkan Kementerian Pangan dan Pertanian.

“Pabrik pengelolahannya ada. Kami pun mengirim hasil panen Sorgum di daerah lain, seperti Bali sebanyak sepuluh ton,” terangnya.

Baca:   BI Sultra-Pemda Koltim Kembangkan Padi Organik Sistem Demplot Pertanian Terintegrasi, Solusi Bertani Era Kekinian

Pusat pengembangannya sendiri berada di Kecamatan Lalolae dan Tinondo.

(Baca juga: Sorgum Pikat Pengunjung Stan Pemda Koltim)

Selain itu, stan Koltim juga memamerkan produk Gula Natural Aren, Kopi Robusta yang bisa dicicipi langsung di stan. Ada juga pajangan baliho kata-kata penyejuk bagi insan pers.

Item lainnya ikut dipamerkan, yakni potensi perkebunan andalan, proyek unggulan nasional Bendungan Ladongi yang diresmikan Presiden Joko Widodo, serta keindahan Air Terjun Tetewa.

(Baca juga: Pemda Koltim Meriahkan HPN 2022, Dubes akan Dikawal)

Untuk diketahui, dua juara stan terbaik ketegori kabupaten/kota lainnya direbut oleh Pemda Konawe Utara sebagai juara 1 dan Pemda Konawe Selatan untuk juara 2.

Laporan: Sarini Ido

  • Bagikan