Kolaka Timur Raih Predikat Daerah Penyalur DD Terbaik 2021

  • Bagikan
Pj Bupati Koltim (paling kiri) pose bersama Gubernur Sultra, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sultra, Sugiyarto, dan dua kepala daerah lainnya usai menerima penghargaan pengelolaan DD terbaik. (Foto: Ist)
Pj Bupati Koltim (paling kiri) pose bersama Gubernur Sultra, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sultra, Sugiyarto, dan dua kepala daerah lainnya usai menerima penghargaan pengelolaan DD terbaik. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KOLTIM Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), dinobatkan sebagai daerah penyalur Dana Desa atau DD terbaik tingkat Provinsi Sultra Tahun 2021.

Penghargaan tersebut diraih Pemda Koltim pada momen Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) yang merupakan agenda tahunan yang dilakukan dalam rangka penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan, secara cepat dan tepat sasaran yang berlangsung disalah satu hotel di Kendari, Senin (13/12/2021).

Koltim meraih ini dengan indikator kecepatan penyaluran BLT DD kerjasama pemerintah daerah dan pemenuhan dokumen persyaratan, serta penyaluran dana desa tercepat dan terbaik dengan persentase 100 persen. Dibawah Koltim ada Wakatobi yang meraih peringkat terbaik II dan terbaik III diberikan pada Kabupaten Konawe.

Atas capaian tersebut, Gubernur Sultra memberikan piagam penghargaan yang langsung di terima Pj Bupati Koltim Ir H Sulwan Aboenawas MSi.

Penyerahan DIPA 2022 ini disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sulawesi Tenggara, bapak Sugiyarto, seluruh Forkopimda Sultra, Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, seluruh bupati/wali kota se-Sultra, serta para Pimpinan Tinggi Pratama lingkup Pemprov Sultra.

Sugiyarto mengatakan, anggaran 2022 sebagai instrumen kebijakan fiskal memiliki peranan yang penting dalam menghadapi pandemi Covid-19. APBN juga sejak 2020 menghasilkan pemulihan ekonomi secara bertahap pada kuartal II ekonomi tumbuh 7,07 persen tertinggi dalam 16 tahun terakhir.

“DIPA ini diserahkan pada Desember 2021, diharapkan agar diawal tahun 2022 sudah dapat dilaksanakan agar percepatan program kegiatan yang dialokasikan dapat berjalan dengan segera, baik, dan lancar serta ditingkatkan,” jelasnya.

Baca:   Melaju dengan Kecepatan Tinggi, Dua Honorer Damkar Koltim Tewas

Dikesempatan yang sama, Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan belanja negara yang dialokasikan untuk Provinsi Sulawesi Tenggara sebesar Rp22,212 triliun, dengan rincian, belanja kementrian Rp6.459 triliun, dana transfer ke daerah dan dana desa Rp15,753 triliun.

Gubernur menginstrusikan kepada bupati/wali kota untuk segera mengakselerasi belanja APBD 2021 dan mengoptimalkan pemantauan realisasi keuangan 2022, serta difokuskan pada kegiatan sehingga hasilnya dilihat dan segera dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat.

Pj Bupati Koltim, Sulwan Aboenawas, atas penghargaan ini, ia sangat mengapreasiasi khususnya Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Koltim dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Koltim yang telah berusaha semaksimal mungkin dan seluruh pihak terkait, sehingga Koltim bisa meraih predikat tersebut.

“Kedua OPD tersebut sangat maksimal dalam menjalankan tugasnya, dalam pengelolaan dan penyaluran dana desa secara tertib sesuai peraturan yang berlaku. Penghargaan ini, diharapkan motivasi bagi kita semua dalam rangka penyaluran dana desa, sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi khususnya masyarakat desa. Dan dalam rangka penanganan pandemi Covid-19,” ungkap Pj Bupati.

Selain itu tambahkannya, predikat ini juga tak lepas dari komitmen Pemda Kolaka Timur dalam mendorong pembangunan di desa hingga saat ini. (Adv/C)

Baca:   Sawah Desa Lowa kebanjiran, Ratusan Hektar Padi Gagal Panen

Laporan: Hasrianty
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan