Koltim Menuju Daerah Agrobisnis, dari Gertam Cabai hingga Pengembangan Kakao Lokal

  • Bagikan
Pemda Kolaka Timur mencanangkan Gerakan Tanam (Gertam) Cabai di Kabupaten Koltim. menuju daerah Agrobisnis terbaik di Sultra. (Foto: Hasrianty/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA TIMUR – Kabupaten Kolaka Timur (Kotim) kian mengokohkan diri menjadi daerah agrobisnis terbaik di Sulawesi Tenggara. Berbagai upaya dilakukan Bupati Koltim, Drs. H. Tony Herbiansyah M.Si, untuk mewujudkannya.

Selain menjalin kerjasama dengan investor Kelapa Sawit dan Singkong Gajah, guna mendukung misi Agrobisnis, Pemda juga mulai mencanangkan Gerakan Tanam (Gertam) cabai di seluruh wilayah Koltim. Program ini diimplementasikan mulai dari desa hingga ke ibukota kabupaten.

Pemda mengklaim, ada banyak keuntungan yang akan dapatkan masyarakat dari Gertam Cabai ini. Selain untuk dikonsumsi pribadi, cabai juga dapat membantu perekonomian masyarakat.

Sebab, tanaman satu ini merupakan tanaman yang dapat memberi nilai tambah terhadap peningkatan pendapatan, serta dapat menjadi solusi dalam pemenuhan gizi keluarga.

Penanaman cabai juga menjadi perwujudan dari kebijakan pemerintah pusat melalui Menteri Pertanian, untuk mendorong dan mengajak seluruh masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan dengan cara menanam cabai.

Tim Penggerak PKK bakal menjadi mentor utama dalam menggerakkan keluarga. Dengan dukungan penuh dari pemerintah daerah Koltim, TP PKK ikut terlibat dalam implementasinya.

Harapan Bupati Tony Herbiansyah dan Wakil Bupati Andi Merya Nur, Gertam Cabai mampu memberikan kesejahteraan yang nyata pada masyarakat. Sesuai visi dan misi menuju ketentraman masyarakat melalui agrobisnis 2016-2021.

Baca:   Viral Bupati Koltim Arahkan Pegawai Pilih Partai Nasdem, Bawaslu Usut Videonya

“Untuk terus meningkatkan produktifitas pertanian kita, diharapkan ke depan adanya perubahan mindset atau cara berfikir, dari mengejar kauntitas ke arah pencapaian kualitas produksi yang berkesinambungan. Tanaman cabai, adalah salah satu jenis komoditi yang dapat menjadi contoh bagaimana mengelola lahan yang ada dengan sistem pengelolaan dengan mudah,” kata Bupati Koltim, Tony Herbiansyah.

Ketua TP PKK Koltim, Hj Surya Hutapea menjelaskan, untuk tahap awal, Gertam Cabai ini dilakukan di tiga kecamatan yakni Tirawuta, Mowewe dan Lalolae. Ketiga kecamatan itu diharapkan menjadi pilot project dan dapat terus berkembang serta dibudidayakan di kebun-kebun PKK semua kecamatan dan desa.

“Kita berharap dengan pencanangan hari ini, menjadi contoh dan bahan laporan Tim Penggerak PKK Koltim ke tingkat provinsi dan nasional. Bahwa sesungguhnya di Koltim telah terlaksana dengan baik program nasional penanaman cabai yang terintegrasi dengan kerjasama semua stake holder. Sehingga PKK Koltim dapat terus menjadi salah satu mentor utama penggerak keluarga, daerah dan bangsa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Koltim,” jelas Surya Hutapea.

  • Bagikan