Kominfo membuka Yahoo, Steam, CS Go, Dota, dan PayPal yang Sempat Diblokir

  • Bagikan
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan akses ke Yahoo, Steam, CS Go, Dota, dan Paypal sudah dibuka kembali. Foto: (dok. antaranews)

SULTRAKINI.COM: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menormalisasi layanan dari Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang sempat diblokir.

Sebelumnya Kominfo mengambil langkah tegas dengan memblokir platfrom digital yang dianggap ilegal dan tidak melakukan pendaftaran sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Situs tersebut diblokir karena belum mendaftarkan diri ke Kominfo meskipun sudah dikirimi surat teguran.

(Baca juga: Daftar Situs Sistem Elektronik dan Game Online yang Masih Diblokir Kominfo)

Kominfo melalui Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan, menyampaikan bahwa Yahoo, Steam, CS Go, Dota, telah dinormalisasi atau dibuka aksesnya pada 2 Agustus 2022 pukul 08.30 WIB. Sedangkan PayPal dinormalisasi sejak Minggu, 31 Juli 2022 pukul 08.00 WIB.

“Kementerian Kominfo berhasil berkomunikasi dengan pengelola Yahoo dan Valve Crop (Steam, CS GO, dan DOTA). Akses terhadap keempat sistem elektronik tersebut dilakukan normalisasi sejak pukul 08.30 WIB hari ini. Pengguna secara bertahap dapat mengakses layanan keempat PSE tersebut,” tambah Juru bicara kementerian Kominfo Dedy Permadi dalam siaran Persnya, Selasa (2 Agustus 2022).

Normalisasi akses itu dirampungkan setelah Kominfo berkomunikasi dengan para pemilik layanan untuk mengikuti pendaftaran PSE sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020. Pendaftaran PSE ini merupakan cara Indonesia menjaga kedaulatan negara di ruang digital di tengah masifnya transformasi digital. (B)

Baca:   Pendaftaran Calon Anggota Dewan Pers Periode 2022-2025 Resmi Dibuka

Laporan: Feni Sul Fianah
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan