Komitmen Berikan Pembinaan Kerohanian pada Warga Binaan, Rutan Unaaha Gandeng Kemenag Setempat

  • Bagikan
Kepala Rutan kelas IIB Unaaha, Herianto, saat mendatangani perjanjian kerjasama dengan Kemenag konawe dalam pembinaan kerohanian warga binaannya. (Foto: Humas Rutan Unaaha).
Kepala Rutan kelas IIB Unaaha, Herianto, saat mendatangani perjanjian kerjasama dengan Kemenag konawe dalam pembinaan kerohanian warga binaannya. (Foto: Humas Rutan Unaaha).

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Unaaha mengandeng Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Konawe dalam upaya pembinaan dalam bidang keagamaan agar meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif pada warga binaannya.

Kerjasama antar Rutan Kelas IIB unaaha dengan Kemenag Konawe itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama bertempat di Kantor Rutan Kelas IIB Unaaha, Jumat (25/06/2021). 

Kepala Rutan Kelas IIB Unaaha , Herianto mengatakan, tujuan dari kerjasama itu untuk memberikan ilmu agama bagi warga binaan agar selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kita harapkan dengan kerjasama ini, warga binaan yang ada disini, bisa menjadi manusia seutuhnya dalam artian menyadari kesalahan, memperbaiki diri, dan tidak mengulangi tindak pidana serta menjadi manusia yang bermanfaat ketika kembali ke masyarakat,” kata Herianto.

Ia mengakui, jika kegiatan kerohanian ini sebelumnya pernah dilakukan secara rutin oleh Kemenag Konawe melalui Kelompok Kerja Penyuluh (KKP) kepada 271 warga binaannya yang dilaksanakan pada hari Senin hingga Jumat mulai pukul 09.00- 11.00 Wita, namun sempat terhenti akibat Covid-19.

Untuk itu lanjutnya, demi memaksimalkan kegiatan ini pihaknya kembali memperbarui perjanjian kerjasama dengan Kemenag dalam hal pembinaan kerohanian bagi warga binaannya.

ibu alimazi

“Semoga kegiatan ini berjalan terus demi kebaikan warga binaan, meski dengan metode yang harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan di masa pandemi ini,” ujarnya.

Baca:   Semarak HUT RI ke-76, Rutan Unaaha Gelar Lomba Mancing Mania

Masih kata Herianto, selama ini ia mengakui kinerja dari penyuluh agama sangat baik dan memberi manfaat besar bagi warga binaan karena dalam kegiatan tersebut warga binaan dibimbing khusus untuk mendalami ilmu agama secara khusyuk.

“Bimbingan yang mereka ajarkan itu seperti baca tulis Al Qur’an, hafalan surah pendek, qasidah, dan bimbingan kerohanian lainnya,” jelas Herianto.

Sementara itu, Kepala Bidang Penais dan Pengembangan Zakat dan Infak Kanwil Depag Kabupaten Konawe, H.Jumaing S.Ag, menyambut baik kerjasama dalam bidang pembinaan kerohanian bagi warga binaan Rutan Kelas IIB Unaaha dan menyatakan sikap kapan saja dibutuhkan akan selalu siap.

“Dengan adanya sinergitas dan kolaborasi kedua instansi ini, dapat menambah ilmu pada warga binaan kedepannya,” ungkap H.Jumaing. (C)

Laporan: Andi Nur Aris.S.
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan