Konkep Diguncang Gempa, Getarannya Sampai di Kendari

  • Bagikan
Monitoring posisi gempa di Wawonii Barat, Konkep, Minggu (29/8/2021). (Foto: BMKG)

SULTRAKINI.COM: Gempa mengguncang wilayah Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara, Minggu (29/8/2021) pukul 08:37:30 Wita. Guncangan gempa dilaporkan tidak berpotensi tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengabarkan wilayah Wawonii Barat, Kabupaten Konkep diguncang gempa bermagnitudo 4,2. Gempa ini terletak pada koordinat 3.92 LS, 122.90 BT atau tepatnya berlokasi di laut, kedalaman sepuluh kilometer. Gempa ini dipicu oleh aktivitas Sesar Lawanopo di wilayah Barat Laut Wawonii Barat.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, mengatakan gempa tersebut termasuk gempa dangkal dan tidak berpotensi tsunami. Meski demikian, guncangannya dilaporkan dirasakan sampai Kota Kendari II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” jelasnya.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Monitoring pihaknya juga mendeteksi adanya gempa susulan satu kali pada pukul 09.00 Wita.

BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruhi oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diharapkan menghindari bangunan retak akibat gempa.

Data pada 2020 dirangkum Sultrakini.com bahwa sebanyak 33 gempa terjadi yang disebabkan oleh sesar ini. (C)

Laporan: Al Iksan
Editor: Sarini Ido

Baca:   Tips Memasak di Dapur Agar Tidak Kebakaran
  • Bagikan