Kontrol Pelayanan di Kelurahan, Sulkarnain Akan Pasang CCTV

  • Bagikan
Walikota Kendari, Sulkarnain, saat memantau ruang Kantor Kelurahan Anduonuhu, Selasa (29/1/2019). (Foto : Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM).
Walikota Kendari, Sulkarnain, saat memantau ruang Kantor Kelurahan Anduonuhu, Selasa (29/1/2019). (Foto : Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM).

SULTRAKINI.COM: KENDARIWalikota Kendari, Sulkarnain, diberbagai kesempatan seringkali menyampaikan kepada camat dan lurah se Kota Kendari untuk lebih meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dalam waktu tujuh menit pengurusan surat keterangan sudah selesai. Bahkan untuk mendukung itu, Pemerintah Kota Kendari sudah melauching program pelayanan berbasis digital.

Menindaklanjuti hal itu, Sulkarnain, mengatakan untuk lebih mempermudah pengawasan di setiap kelurahan, maka akan dipasang CCTV di setiap kantor kelurahan, agar tidak ada lagi kantor lurah yang baru buka jam 10 atau tutup belum pada waktunya.

“Di tahun ini kita ada program untuk bisa mengontrol dan mewujudkan pelayanan di tingkat kelurahan agar bisa lebih cepat, murah dan lebih terjangkau kepada masyarakat, maka akan kita pasang CCTV di semua kantor lurah,” ungkap Sulkarnain saat sambutannya pada acara peresmian Kantor Kelurahan Anduonuhu yang baru selesai direhab, Selasa (29/1/2019).

Kata Sulkarnain, pemasangan CCTV itu karena banyaknya keluhan masyarakat Kota Kendari baik yang dilaporkan secara langsung maupun melalui media sosial. Ada beberapa kantor lurah yang buka pelayanan terlambat dan tutup lebih awal.

“Jangan kira, apa yang dilakukan selama ini kita tidak pantau, tapi kita tetap pantau keluhan masyarakat melalui media sosial. Bahkan, ada kantor lurah yang baru buka jam 10, jam 12 sudah tutup, pelayanan prima seperti apa itu. Makanya kita akan pasang CCTV di ruang front office, supaya ketahuan jam berapa bukanya,” kata Sulkarnain disambut riuh tepuk tangan masyarakat Anduonuhu yang menyaksikan peresmian kantor lurah.

“Sebenarnya tidak mesti lurah yang buka kantor, kan ada staf yang bertugas, maka dari berdayakan staff yang ada, ini untuk seluruh lurah di Kota Kendari, jadi akan ketahuan siapa lurah yang malas,” sambung Sulkarnain.

Baca:   Sambut HUT Kendari ke-188, Sulkarnain Berikan Tantangan kepada ASN

CCTV tersebut akan dikoneksikan langsung di ruang kerja Walikota Kendari bahkan akan dikoneksikan langsung melalui handphone android, sehingga dengan mudah dipantau.

Rencananya, pemasangan CCTV itu mulai dilakukan pada bulan ketiga tahun ini, melalui anggaran dana kelurahan tahun anggaran 2019. Dengan harapan setiap kelurahan bisa lebih akuntabel dalam memberikan pelayanan.

“Insyaallah kita akan lakukan di tahun ini, doakan semoga lancar,” pungkasnya.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan