Kopi Indonesia Jajaki Pasar Balkan Eropa

  • Bagikan
Foto bersama perusahaan Kroasia, ICCA d.o.o bersama KBRI Zagreb usai penangdatanganan MoU secara hybrid dengan perusahaan kopi Indonesia, citra Usaha anugerah Nikmatindo.

SULTRAKINI.COM: Kopi Indonesia berhasil tembus kawasan pasar Balkan Eropa. Perjanjian kerja sama pun ditandatangani oleh produsen kopi Indonesia dengan perusahaan dari Kroasia.

Dilansir dari Infopublik, perjanjian ekspor kopi Indonesia itu bernilai 1,05 juta dolar AS atau sekitar Rp15 miliar pertahun.

“Untuk pertama kalinya kopi Indonesia tembus pasar Balkan Eropa bahkan dengan merek asli kopi Indonesia. Jadi Indonesia tidak hanya menjual biji kopi mentah ke Eropa, tetapi betul-betul melakukan ekspor produk jadi kopi Indonesia ke Eropa,” kata Kuasa Usaha KBRI Zagreb, Elbanita Ruru, Rabu (10/11/2021).

Kerja sama tesebut juga menjadi awal merambahnya kopi Indonesia di pasar Balkan Eropa yang mencakup Kroasi, Bosnia, Herzegovina, Albania, Bulgaria, Makedonia Utara, Montenegro, dan Turki.

“Keberhasilan penandatanganan MoU untuk ekspor kopi Indonesia diharapkan mendorong perusahaan lain di Indonesia untuk melirik potensi pasar negara-negara di kawasan Eropa, khususnya Kroasia,” ujar Elbanita.

KBRI Zagrep terus mendorong kegiatan diplomasi ekonomi di Kroasia yang akan menjadi pintu masuk ekspor Indonesia di negara-negara Eropa.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Utama Citra Usaha Anugerah Nikmatindo Maurice Manurung dan Direktur Pemasaran ICCA d.o.o Ivan Filipovic.

Pihak ICCA d.o.o akan membeli produk kopi dengan merek “Nikmat Coffee Indonesia” sedikitnya 100 ton pertahun selama tiga tahun.

Baca:   OJK Luncurkan Roadmap Perbankan 2020-2025, Apa Kegunaannya?

Laporan: Tian dan Siti Fauzizah Astuti
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan