Kota Kendari Dapat Penghargaan STBM Award 2021 dari Kementerian Kesehatan RI

  • Bagikan
Wali Kota Kendari bersama jajarannya saat mendapatkan penghargaan STBM pada Hari Cuci Tangan Sedunia yang diikuti secara virtual dari Media Center Rujab Wali Kota Kendari. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara berhasil meraih dua penghargaan di tingkat nasional yaitu Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award 2021 dengan Kategori Berkelanjutan dan Suplay dari Kementerian Kesehatan RI.

Raihan ini diumumkan pada peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang digelar secara daring, pada Jumat (15/10/2021) yang diumumkan secara virtual.

Menyikapi penghargaan yang didapat, Wali Kota Kendari, Sulkranain Kadir mengatakan raihan ini menjadi hal yang strategis dan menjadi perhatian utama pemerintah, karena seluruh poin dari program STBM memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat utamanya di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Adapun, poin-poin dalam program STBM diantaranya sosialisasi untuk tidak buang air besar (BAB) sembarangan, cuci tangan pakai sabun, kelola air minum rumah tangga, kelola sampah rumah tangga, dan olah limbah cair rumah tangga

Wali Kota Kendari bersama jajarannya saat mendapatkan penghargaan STBM pada Hari Cuci Tangan Sedunia yang diikuti secara virtual dari Media Center Rujab Wali Kota Kendari. (Foto: Ist)

Sulkarnain menegaskan, raihan ini bukan hanya sekedar penghargaan, tapi juga menjadi program bagi Pemkot Kendari untuk terus dimaksimalkan dan disosialisasikan secara berkesinambungan pada masyarakat, sehingga seluruh poin dari program ini dapat dipahami oleh masyarakat utamanya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca:   Alsantara: Masyarakat Harus Sadar Money Politic Pintu Masuk Korupsi

“Mudah-mudahan dengan penilaian yang dilakukan hari ini memberikan kami referensi atau pengetahuan terkait hal-hal yang harus kami lakukan agar kesemua pilar dalam program ini dapat kami lakukan secara maksimal. Sehingga masyarakat di Kota Kendari utamanya anak-anak dapat tumbuh sehat dan dapat mencapai cita-citanya kelak”, ujar Sulkarnain, Jumat (15/10/2021).

Diketahui, tujuan dari program STBM ini adalah mewujudkan perilaku masyarakat yang hygienis dan saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Capaian penghargaan ini juga tidak terlepas dari upaya Pemerintah Kota Kendari mendeklarasikan bebas 100 persen dari perilaku buang air sembarangan atau open defaction free (ODF) di semua kelurahan yang ada di Kota Kendari dan perilaku hidup bersih yang terus dikampanyekan oleh Pemkot Kendari.

Selain itu, juga kegigihan dan kerja keras Wali Kota Kendari beserta seluruh jajaran pemerintahan terkait hingga ditingkat kecamatan dan kelurahan. (B)

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan