KPPN Kendari Catat Realisasi APBN Semester I Capai 45,42 Persen

  • Bagikan

SULTRAKINI. COM: KENDARI-Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kendari melaporkan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) di wilayah kerjanya sebesar Rp2,62 triliun dari total Rp5,77 triliun, atau sekitar 45,42 persen.

Kepala KPPN Kendari, Agung Mulyono, mengungkapkan bahwa dari total pagu sebesar Rp5,77 triliun, realisasi belanja pada triwulan II mencapai Rp2,62 triliun atau 45,42 persen. Meskipun capaian ini berada di bawah target 50 persen untuk triwulan II, Agung Mulyono menilai hasil ini sudah cukup baik.

“Menurut kami, capaian ini sudah cukup bagus, karena hal ini tercermin dari realisasi kita yang berada di atas rata-rata nasional yang hanya berkisar sekitar 28 persen,” ujarnya.

Agung Mulyono menjelaskan bahwa realisasi APBN 2024 pada Kementerian/Lembaga (K/L) menunjukkan tren pertumbuhan positif, meskipun belum mencapai target yang ditetapkan.

“Realisasi ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Total realisasi yang kita capai ini berada di angka 45 persen. Ini baik dan positif. Realisasi triwulan II ini tumbuh sebesar 3,39 persen dibandingkan tahun lalu,” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa capaian realisasi di triwulan II tidak lepas dari sinergi semua pemangku kepentingan terkait, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, serta peran aktif masyarakat dalam pengawasan.

“Ini adalah bukti kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah. APBN ini diharapkan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” pungkasnya.

Laporan: Riswan

  • Bagikan