KPU Koltim Sediakan Bilik Khusus untuk Pemilih Bersuhu Badan 37,3 Derajat

  • Bagikan
Ilustrasi
Ilustrasi

Setiap warga negara dijamin hak pilihnya. Mereka yang terpapar Covid-19 pun disediakan bilik khusus agar tidak tercampur dengan pemilih lainnya. KPU Kolaka Timur menjamin pada 303 TPS ada bilik khusus untuk mereka yang bersuhu badan di atas normal.

SULTRAKINI.COM: Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kolaka Timur menyediakan bilik khusus di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) bagi pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat selsius. Hal ini sebagai protokol pencegahan penyebaran Covid-19 pada saat pelaksanaan Pilkada serentak, 9 Desember 2020.

“Setiap TPS wajib menyediakan bilik khusus,” ujar Ketua KPU Koltim, Suprihaty Prawaty Nengtias, menjawab SultraKini.com, Senin (30 November 2020).

Pilkada Koltim menyediakan 303 TPS yang tersebar di seluruh desa/kelurahan dalam 12 wilayah kecamatan.

Sebelumnya, komisioner KPU Sultra Iwan Rompo menjelaskan pihak KPU berkomitmen tidak ada warga negara yang kehilangan hak pilihnya pada Pilkada serentak di musim pandemi Covid-19.

“KPU melalui instrumen peraturan yang ada berupaya seoptimal mungkin agar hak konstitusi masyarakat dalam pilkada tidak hilang. Yang terpapar COVID-19 akan disiapkan bilik khusus,” kata Iwan kepada wartawan.

Demikian pula, apabila ada petugas teknis pemungutan suara yang tidak dapat menjalankan tugas disebabkan sakit atau alasan lainnya maka dapat digantikan oleh staf KPUD setempat.

Baca:   Cegah Terpapar Covid-19, Andi Merya Lakukan Tes Swab Bersama Jajaran Pegawai Rujab

“Jika ada personel KPPS berhalangan menjalankan tugas dapat digantikan staf KPUD daerah setempat, komisioner KPUD atau staf KPUD Provinsi dan keadaan terpaksa komisioner tingkat provinsi pun dapat turut membantu di KPPS demi suksesnya pemilihan,” kata Iwan.

Pilkada Serentak 9 Desember 2020 di Sultra berlangsung di 7 kabupaten, diikuti 18 pasangan calon bupati/wakil bupati, yakni Kabupaten Konawe Kepulauan 4 pasangan, Konawe Selatan dan Buton Utara 3 pasangan, sedangkan Muna, Kolaka Utara, Kolaka Timur dan Wakatobi masing-masing 2 pasangan.

Laporan: M Djufri Rachim

  • Bagikan