KPU Sultra Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu di Wakatobi

  • Bagikan
Koordinator Divisi Teknis KPU Sultra, Iwan Rompo. (Foto: Humas KPU Sultra)
Koordinator Divisi Teknis KPU Sultra, Iwan Rompo. (Foto: Humas KPU Sultra)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar bimbingan teknis bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Wakatobi, Jumat (15/3/2019). Kegiatan ini dilakukan, setelah pihaknya memonitoring pelaksanaan bimtek pemungutan dan perhitungan suara pemilu 2019 di Kabupaten Buton Tengah, Buton Selatan, Buton, dan Kota Baubau.

Koordinator Divisi Teknis KPU Sultra, Iwan Rompo, mengatakan KPUD Wakatobi menjadi perhatian sehubungan pengepakan dan sortir logistik, serta teknis pemungutan dan rekapitulasi, sebagaimana wilayah lainnya di Sultra.

Di satu sisi, geografis Kabupaten Wakatobi terdiri dari Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Pulau Binongko yang memisahkan daerah pemilih pada pemilu 2019. Untuk itu, KPU Sultra mengharapkan, jajarannya di wilayah setempat bekerja secara cermat.

“Mengingat geografis Wakatobi yang antar dapil-nya dipisahkan oleh lautan, sehingga tidak boleh ada logistik yang tertukar antar dapil,” ujar Iwan Rompo.

Bimtek hingga 16 Maret ini, diisi dengan sejumlah materi, di antaranya pemungutan suara dan proses rekapitulasi suara kepada PPK se-Kabupaten Wakatobi.

Ketua KPUD Wakatobi, Abdul Rajab, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran jajaran KPU Suttra di kegiatan tersebut, sekaligus mengisi materi kegiatan.

“Kami bersyukur karena penyelenggara kami menerima materi langsung dari kordiv teknis KPU provinsi. Saya berharap, para PPK mudah menyerap seluruh materi. Tentu saja ini baik untuk bekal kita dalam melaksanakan pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi suara nantinya,” ucap Abdul Rajab.

Baca:   TPS di Konawe Diamankan Ratusan Personel Gabungan

Selain mengisi bimtek, KPU Sultra menyempatkan diri meninjau lokasi penyimpanan logistik KPUD Wakatobi. Hasil peninjauannya, lokasi tersebut dinilai baik dan representatif. aksesnya mudah terjangkau, aman dari banjir, terdapat penerangan, mendapatkan pengamanan dari aparat kepolisian.

Laporan: La Ismeid
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan