KPU Sultra Jadikan Kelurahan Wundumbatu Percontohan Program DP3

  • Bagikan
Pembukaan kegiatan pembekalan kader program DP3 (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)
Pembukaan kegiatan pembekalan kader program DP3 (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berupaya meningkatkan partisipasi pemilih masyarakat melalui program Desa/Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), dengan menjadikan Kelurahan Wundumbatu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari sebagai lokasi percontohan DP3.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib mengungkapkan, penetapan lokasi percontohan DP3 untuk membangun kesadaran politik masyarakat dan meningkatkan kuantitas ataupun kualitas serta partisipasi pemilih menghadapi Pemilu 2024.

“Dari kader DP3 ini kita berharap bisa menjadi duta demokrasi dan menjadi percontohan bagi daerah lain, sehingga kita bisa terus memperbaiki pelaksanaan Pemilu dari waktu ke waktu,” ujarnya saat pembukaan pembekalan kader DP3 di Kantor Kecamatan Poasia, Selasa (26/10/2021).

Dikatakan, penetapan kelurahan Wundumbatu sebagai lokasi percontohan DP3 setelah dilakukan penilaian terhadap sejumlah kriteria yang diatur dalam juknis. Sebanyak 25 orang direkrut sebagai kader untuk melaksanaan program ini di Kelurahan Wundumbatu.

“Kriterianya yaitu partisipasi pemilih rendah, potensi pelanggaran pemilu tinggi, dan potensi konflik tinggi, serta masuk daerah rawan bencana alam,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU RI, Viryan berharap dengan adanya program DP3 ini, dapat membuat pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang lebih baik.

“Inilah salah satu program yang diharapkan menyehatkan Pemilu elektoral kita pada 2024 mendatang. Kita lakukan mulai sekarang untuk mengalirkan demokrasi yang bersih dari masyarakat sejak dini,” tuturnya.

Baca:   Terkait Ketua DPRD Konawe, Gusli: Ardin Sudah Pasti

Selanjutnya, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini karena dapat mendukung proses demokrasi menjadi lebih baik. Ia juga berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan di Kelurahan lain.

“Harapannya ini bisa diduplikasi di kelurahan lain, sehingga bisa memberikan pemahaman semakin luas kepada masyarakat,” tandasnya. (B)

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan