KPUD Koltim: 90 Persen Siap Menyambut Pemilu

  • Bagikan
Sekretaris KPUD Koltim, Endang Sumpena. (Foto: Wulandari/SULTRAKINI.COM)
Sekretaris KPUD Koltim, Endang Sumpena. (Foto: Wulandari/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Komisi Pemilihan Umum Daerah Kolaka Timur (Koltim) membungkus kotak suara pemilu agar tidak rusak. Hal ini dilakukan karena pihaknya tidak memiliki logistik cadangan untuk kotak suara pada 17 April 2019.

Kotak suara di Koltim berjumlah 2.123 unit, nantinya disebar ke 398 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Namun, KPUD Koltim tidak memiliki kotak suara cadangan untuk mengganti kotak ketika rusak, sebelum maupun saat pemungutan suara.

“Kotak suara disediakan berjumlah 2.123 tersebut, tidak lebih karena kotak suara tidak memiki cadangan. Persiapan KPU, yaitu membungkus setiap kotak suara menggunakan plastik besar agar kotak suara tidak rusak,” terang Sekretaris KPUD Koltim, Endang Sumpena, Senin (11/3/2019).

KPUD Koltim mengaku, sudah 90 persen persiapan pemilu rampung, termasuk logistik, seperti kotak suara 2.123 unit, bilik suara 1.592 unit, tinta sidik jari 796, segel 41.889, dan sebanyak 82.617 surat untuk masing-masing surat suara.

Total pemilih wajib di wilayah setempat, yaitu 80.997 orang. Sebanyak 398 TPS dengan maksimal 300 pemilih setiap TPS. Masing-masing TPS juga disiagakan dua petugas keamanan atau linmas.

“Yang jelas kotak suara, bilik suara sudah cukup dan kelengkapan TPS udah cukup, Ini tinggal tunggu kotak suara untuk kabupaten dan DPD itu pun sudah ada di perjalanan,” jelas Endang.

Baca:   Tiga Bacakada Ambil Formulir Pendaftaran di PDIP Wakatobi

Sehubungan penyaluran logistik pemilu, dirinya belum mengetahui pasti. Dia hanya memastikan penyaluran itu sehari sebelum pemungutan suara.

Laporan: Wulandari
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan