KPUD Mubar Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Berbagai Lapisan Masyarakat

  • Bagikan
Komisioner KPUD Mubar Koordinator Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Muh. Taufan. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Muna Barat (Mubar) menjadwalkan sosialisasi bagi kaum marginal, disabilitas, perempuan, pemilih pemula, dan lintas agama. Sosialisasi tak lain, untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara 2018.

“Pemilih kaum marginal yang dimaksud, mereka yang selama kesehariannya “terasing” dari lingkungannya sendiri. Mereka biasanya tidak aktif dalam organisasi kemasyarakatan, atau organisasi-organisasi kepemudaan, seperti kaum nelayan yang tinggal di wilayah pesisir Selat Tiworo. Namun jumlahnya tidak diketahui, karena memang tidak diklasifikasi,” jelas Komisioner KPUD Mubar Koordinator Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Muh. Taufan, Senin (2/10/2017).

Sedangkan untuk kaum disabilitas, mereka yang memiliki keterbatasanatau ketunaan, dari segi fisik, mental, dan semacamnya. Seperti tuna netra tuna daksa, tuna rungu, tuli, dan sebagainya. Pihaknya juga akan menyediakan fasilitas khusus bagi kaum tersebut ketika menyalurkan hak pilihnya.

Sebelumnya juga sosialisasi pemilih pemula menyasar siswa sekolah dengan konsep “Go to School” di SMAN 1 Lawa, SMAN 1 Tiworo Kepulauan, dan SMAN 2 Kusambi.

“Rencana sosialisasi khusus kepada lintas agama, digelar melalui forum antar umat beragama yang akan dilakukan kurung waktu minggu kedua. Sedangkan tokoh perempuan, penyandang disabilitas, dan kaum marginal sosialisasinya akan dilakukan juga pada bulan ini,” terang Taufan kepada SultraKini.Com.

Baca:   LM. Rusman Emba Nyatakan Diri Masuk Bakal Calon Pilgub Sultra

Laporan: Akhir Sanjaya

  • Bagikan