KSK Jadikan Semangat Gerak Jalan HUT RI untuk Konawe Maju dan Gemilang

  • Bagikan
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa melepas rombongan peserta gerak jalan indah. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM) 

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Peringatan momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe menyemarakkan dengan berbagai kegiatan, satu diantara adalah gerak jalan indah untuk pelajaran, ASN, dan umum.

Pembukaan gerak jalan indah sejauh 17 kilometer lingkup Pemda Konawe dibuka dan dilepas langsung oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) beserta tamu yang hadir terdiri dari Sekretaris Daerah Ferdinan Sapan, anggota DPRD, Forkopimda, OPD, serta peserta gerak jalan, di halaman kantor Bupati Konawe, Senin (15 Agustus 2022) sore.

Kery menyampaikan, jika mengingat-ingat kembali moment perjuangan para pahlawan bangsa dalam meraih kemerdekaan Republik Indonesia, tentunya butuh pengorbanan baik harta dan nyawa yang tak terhitung jumlahnya demi negeri yang mereka cintai.

“Bangsa kita sudah tidak dapat lagi menghitung pengorbanan para pejuang kita dengan gigih dan ikhlas demi satu tujuan yang sama, yaitu menjadikan bangsa kita Indonesia menjadi bangsa yang merdeka,” ungkapnya.

Peserta gerak jalan indah Kabupaten Konawe semarakkan HUT RI ke-77. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

Bupati yang akrab dengan sebutan KSK itu menambahkan, untuk saat ini, sebagai penerus bangsa ada hal yang patut dipahami bersama, bahwa perjuangan tentunya belum selesai. Menurutnya, generasi sekarang ini berkewajiban untuk terus berjuang dan berjuang demi pembangunan bangsa dan daerahnya masing-masing.

Baca:   BPBD Kendari Dirikan Posko Kesehatan dan Dapur Umum

“Untuk generasi sekarang terus berjuang dalam artian konteks yang berbeda,” ucapnya.

KSK pun menjelaskan, jika para pendahulu kita berjuang untuk merebut kemerdekaan, sementara kita sebagai penerus bangsa ini bukan lagi berjuang untuk itu, melainkan berjuang untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia.

“Salah satunya bagiamana kita menjadikan bangsa atau daerah kita maju dan berkembang, sehingga dapat bersaing dengan negara -negara lain,” jelasnya.

KSK menyampaikan sambutan pada pembukaan gerak jalan indah di halaman kantor Bupati Konawe.  (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

Olehnya itu, Mantan Ketua DPRD Konawe itu mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Konawe, bahwa melalui kegiatan gerak jalan indah sejauh 17 kilometer ini, masyarakat Konawe agar ikut turut serta dalam membangun kembali pertumbuhan ekonomi bangsa atau daerah Konawe.

Terlebih lagi, lanjut KSK, setelah bangsa diterpa wabah pendemi Covid-19 yang mengakibatkan roda perekonomian bangsa maupun daerah Konawe ikut terdampak. Bahkan tak hanya dari segi materil melainkan korban jiwa ikut berjatuhan akibat virus tersebut.

“Saya yakin kita mampu pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Konawe yang lebih gemilang dimasa yang akan datang,” harapannya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Konawe, Muhammad Nur, mengatakan sebanyak peserta gerak jalan indah yang ikut berpatisipasi dalam kegiatan ini sebanyak 67 regu terdiri pegawai ASN lingkup masing-masing OPD, badan, kantor, bagian, organisasi, dan instansi vertikal yang ada di Kabupaten Konawe.

Baca:   TPS di Konawe Diamankan Ratusan Personel Gabungan
KSK menyampaikan sambutan pada pembukaan gerak jalan indah di halaman kantor Bupati Konawe.  (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

Kemudian untuk segi penilaiannya, dilihat dari segi kekompakan peserta, keserasian dalam berjalan, jumlah pesertanya tidak berkurang hingga digaris finis, serta ketertiban selama mengikuti lomba.

“Rutenya star dari kantor bupati, kemudian berputar pas depan kantor Koramil Wawotobi dan kembali disini,” terangnya.

Adapun pengumumannya, pihaknya akan menyampaikan pada saat malam ramatama atau setelah upacara penurunan bendera merah putih di kantor Bupati Konawe.

“Nanti segala lomba akan diumumkan juaranya di malam itu,” tutupnya.

Selain gerak jalan indah, beberapa lomba yang dilaksanakan oleh Pemda Konawe dalam menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI ke-77 adalah, lomba lari karung, bola gotong, dan tenis meja yang melibatkan seluruh ASN lintas OPD.

(Baca juga: KSK Bangga Bendera Kerajaan Konawe Kembali Berkibar di Istana Negara)

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan