Kuota CPNS Konawe Mencapai 407, Ternyata Hoaks

  • Bagikan
Data berisi informasi kuota CPNS daerah di Provinsi Sultra yang disebut hoaks. (Foto: istimewa/SULTRAKINI.COM)
Data berisi informasi kuota CPNS daerah di Provinsi Sultra yang disebut hoaks. (Foto: istimewa/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Kabar tentang jumlah kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di Provinsi Sulawesi Tenggara, marak di media sosial. Beredar sebuah data yang menunjukan jumlah kuota CPNS tahun 2018 di beberapa daerah di wilayah Sultra.

Sebagaimana diunggah pemilik akun Facebook, Jhum Alhya’jhetertanggal 19 Juli 2018 itu, ia menggunggah creenshot sebuah informasi data CPNS yang belum diketahui sumbernya. Unggahan tersebut membubuhkan pengantar yang menjelaskan bahwa itu merupakan daftar kabupaten/kota yang terdaftar dalam penerimaan CPNS 2018.

Data tersebut menunjukan, penerimaan CPNS untuk pemerintah lingkup Provinsi Sultra sebanyak, 163 kuota. Sedangkan untuk tingkat daerah, ada 12 kabupaten/kota yang menerima CPNS, di antaranya, Kabupaten Konawe 407 kuota, Buton 270, Muna 468, Kolaka 254, Konawe Selatan 413, Kolaka Utara 226, Bombana 177, Wakatobi 153, Buton Utara 130, Konawe Utara 160, Kota Kendari 318, dan Kota Baubau 116 kuota.

Menanggapi informasi tersebut, Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan (BKD dan Diklat) Konawe, Elizon Zainah Ahuddin menampiknya. Menurutnya informasi tersebut tidak benar adanya atau hoaks

“Hoaks itu dek,” ujarnya, Kamis (19/7/2018).

Sebelumnya, Elizon telah menerangkan kalau hingga kini pihaknya masih menunggu jumlah kuota CPNS masing-masing daerah. Jika sudah ada ketetapan tersebut, pendaftaran tak lama lagi akan dibuka.

Baca:   Puluhan Organisasi Perempuan di Sultra Deklarasikan Tolak Terorisme, Radikalisme, dan Hoaks

“Yang jelasnya kuota daerah belum keluar. Kita masih menunggu,” pungkasnya.

Laporan: Mas Jaya
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan