Kwarda Sultra Utus 408 Pramuka ke Rainas XI Cibubur

  • Bagikan
Ketua DKD Sultra, Aryo Wira Setyawan (kiri) saat pelepasan kontingen Kwarda Sultra menuju Bumi Perkemahan Raimuna Nasional XI 2017 di Cibubur Jakarta Timur. (Foto: dok/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kwartir Daerah (Kwarda) Sulawesi Tenggara mengutus 408 anggota Praja Muda Karana (Pramuka) tingkat Penegak dan Pandega, untuk mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) XI pada 13-21 Agustus 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur.

Raimuna Nasional merupakan pertemuan besar bagi Pramuka Penegak dan Pandega (usia 16-25 tahun) dari seluruh provinsi se-Indonesia, yang diadakan tiap empat tahun sekali. Tahun ini jumlah peserta ditargetkan 15 ribu orang.

Kegiatan Raimuna Nasional terdiri dari kegiatan penambahan wawasan, jumpa tokoh, wisata serta promosi potensi daerah. Ketua Dewan Kerja Daerah (DKD) Sulawesi Tenggara, Aryo Wira Setiawan menerangkan, partisipan dari Sultra terdiri dari utusan 17 Kwartir Cabang (Kwarcab) se-Sultra, tim official, petugas pameran, dan dokter kontingen. Sultra juga mendapat kepercayaan menjadi panitia nasional sejumlah sembilan orang. 

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Ini merupakan apresiasi dari Kwartir Nasional melalui DKN yang memberikan Sultra jatah panitia 9 orang, dan ini utusan panitia terbanyak dari seluruh Kwarda,” kata Aryo kepada SULTRAKINI.COM, Rabu (9/8/2017).

Kegiatan ini, sambung Aryo, diagendakan dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo. Rainas XI 2017 akan menitikberatkan pada peningkatan cinta tanah air dan bela negara. 

“Jadi kalau ada pihak yang menyatakan Pramuka anti Pancasila, itu tidak benar. Pramuka adalah organisasi yang terdepan pembela tanah air, perekat kebangsaan, penjaga Pancasila dan NKRI,” tandas pria yang biasa disapa Kak Aryo ini.

Baca:   Karang Taruna Apresiasi Pemda Konawe Rekrut Tenaga Kerja di VDNI dan OSS

Keberangkatan kontingen Kwarda Sultra terbagi dalam tiga gelombang, pertama dari wilayah Kepulauan Buton menggunakan kapal laut berangkat pada 4 Agustus dan telah tiba pada 8 Agustus, kedua dari Kolaka raya yang akan berangkat pada 11 Agustus, sisa anggota kontingen lainnya berangkat pada 12 Agustus via pesawat udara.

  • Bagikan