La Ode Rafiun: Dua Sektor ini Harus Jadi Prioritas Pemda Buton

  • Bagikan

SULTRAKINI.COM:BUTON – Kabupaten Buton memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang memadai. Olehnya itu sektor yang menjadi prioritas Pemda untuk memajukan daerah yakni Pertambangan dan Pariwisata.

 

Diungkapkan, Ketua DPRD Kabupaten Buton, La Ode Rafiun, via telepon selulernya, Minggu (29/5/2016) menjelaskan, digenjotnya kedua sektor itu akan memberikan output kepada daerah yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Karena kedua sektor dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat serta menjadi pemasukan APBD Kabupaten Buton untuk kemajuan daerah.

 

”Untuk mengembangkan suatu daerah itu adalah bagaimana kita menggenjot SDA seperti pertambangan yang ditunjang dengan sektor pariwisata sebagai sektor budaya yang merupakan ciri khas Masyarakat Buton,” jelas Rafiun.

 

Ia juga menepis pernyataan Ketua Komisi I DPRD Buton, Farid Bachmid dimedia, belum lama ini, yang mengatakan Pemda Buton belum maksimal menggenjot Sektor Pertanian dan Perikanan khususnya pada pemasaran hasil, sehingga berdampak pada sulitnya masyarakat memasarkan hasil panen mereka.

 

Menurut Rafiun, pengembangan sektor pertanian dan kelautan perikanan, sudah dilakukan oleh pemerintah sebelumnya. Namun, hal itu tidak maksimal dikarenakan masyarakat Buton tidak fokus terhadap pengembangan pertanian dan perikanannya.

 

”Karena kalau kita tetap fokus pada perikanan kelautan dan pertanian tidak akan maksimal karena masyarakat kita disamping dia nelayan dia juga petani,” jelas Rafiun.

 

Baca:   Disdik Buton: Guru Wajib Kuasai ITE

Ditambahkannya, kemungkinan sektor pertambangan dan pariwisata bisa menjadi unggulan Kabupaten Buton bisa dilihat siapa yang akan memimpin Buton kedepan. Namun, dia menegaskan, daerah Kabupaten Buton dibawah kepemimpinan Umar Samiun dan La Bakry, telah lebih baik.

 

”Kita lihat siapa yang akan melanjutkan pemerintahan Umar – Bakry, dan jika Tuhan masih merahmati kembali Keduanya (Umar-Bakry) akan pimpin Buton untuk periode berikutnya, yakin saja bahwa Buton akan berubah baik menyangkut kesejahteraan maupun pembangunan infrastruktur seperti daerah ini sekerang, insyaallah akan lebih nampak,” ungkapnya.

 

Apresiasi Langkah Ketua Komisi I DPRD Buton, Farid Bachmid

 

Terkait rencana Farid Bachmid yang akan maju sebagai calon wakil bupati Buton mendampingi H.Hamin alias La Rengke di Pilkada Buton 2017 mendatang, Iamengapresiasi niat dan keberanian dari Farid Bachmid.

 

Namun, lanjut Rafiun, berkaitan dengan visi misi yang dilontarkan Farid yaitu kembali menyuarakan pengembangan sektor perikanan kelautan dan pertanian, hal itu tidak akan maksimal dilakukan.

 

”Farid itu teman saya di DPR dari Tahun 2004 lalu, sektor pertanian, kelautan dan dan lainnya dari dulu itu sudah mulai dikembangkan, dan jika dia (Farid- red) memiliki kemampuan, kreatifitas didalam memajukan suatu daerah tidak hanya sebagai Bupati tetapi kita sebagai DPR pun bisa memberikan konstribusi pikiran akan seperti apa yang dimaksudkan itu, sehingga ada buah tangan yang dia cipatakan sebagai anggota DPR,” sindirnya

Baca:   BPK Nilai Aset Pemda Konut Tidak Tertib
  • Bagikan