Lagi, Atlet Dayung Sultra Masuk Pelatnas

  • Bagikan
Kadiskepora Sultra, Jaya Bhakti saat melepas keberangkatan Muh Afif menuju pelatnas yang didampingi pelatih dan kedua orangtuanya. (Foto: Muh Yusuf/SULTRAKINI.COM)
Kadiskepora Sultra, Jaya Bhakti saat melepas keberangkatan Muh Afif menuju pelatnas yang didampingi pelatih dan kedua orangtuanya. (Foto: Muh Yusuf/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Setelah Aulia Galib terpilih memasuki pemusatan latihan nasional (pelatnas) beberapa waktu lalu, giliran Muh Afif, atlet dayung Provinsi Sulawesi Tenggara bergabung bersama atlet-atlet nasional tersebut.

“Kalaupun sebelumnya ada atlet Sultra memasuki pelatnas hal itu merupakan proses rekruitmen langsung dari simpul-simpul atlet. Sebagai pemerintah, kami merasa bangga mampu melahirkan atlet-atlet berbakat untuk dibina di tingkat nasional,” ucap Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sultra, Jaya Bakti di sela-sela pelepasan keberangkatan Muh Afif di pelatnas, Senin (14/1/2019).

Tidak sembarangan atlet bisa bergabung di pelatnas. Sejumlah evaluasi terhadap atlet dilakukan guna menemukan atlet berprestasi yang nantinya berlaga di tingkat nasional. Begitu juga proses pembenahan di tingkat Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sultra.

“Pembenahan kami lakukan ini perlu kita tingkatkan lagi. Utamanya menyediakan sarana prasara mendukung pelaksanaan pembinaan atlet,” ujar Jaya Bakti.

Pihaknya berharap, kembali ada atlet Sultra masuk pelatnas. Misalnya, atlet takraw dan atlet silat yang mulai menunjukkan prestasinya dan berpotensi masuk pelatnas.

“Tanda-tandanya sudah kita lihat dengan loloskan empat atlet pencak silat di seleksi Pekan Olahraga Pelajar (Popwil) yang lalu,” ucapnya.

Pelatih dayung Sultra, Ratna, menjelaskan Aulia dan Afif merupakan atlet dayung pada nomor rowing. Keduanya memiliki bakat dan potensi yang mesti ditingkatkan, apalagi mereka masih berusia 16 tahun.

Baca:   Bukber Bersama, PT Antam Minta Dukungan Media Dorong Kemajuan Sultra

“Kami berharap, mereka bisa mengharumkan nama daerah dan bangsa dalam pembinaan di pelatnas nanti,” tambahnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan