Lagi Ketombean? Gunakan Bahan Alami ini untuk Mengatasi

  • Bagikan
Ilustrasi (Foto: Feni Sul Fianah/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang cukup umum terjadi. Tahukah kamu, ternyata ketombe lebih rentan muncul pada orang yang menggunakan hijab, hal ini karena tumpukan minyak serta keringat di kulit kepala yang tertutup. Namun tenang saja, selain menggunakan produk pabrikan, masalah ketombe bisa juga menggunakan bahan alami di sekitar kita.

Umumnya ketombe muncul akibat kurang menjaga kebersihan kulit kepala dan jarang keramas. Ketombe atau pityriasis simplex capillitti merupakan kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas. Ketombe menyebabkan kulit kepala terasa gatal dan rambut rontok. Apalagi serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan ini sering kali berjatuhan ke bahu, membuat tidak percaya diri.

Ketombe disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari produksi minyak berlebih di kulit kepala, stres, pola makan tidak sehat, perubahan hormon, sensitif dengan kandungan yang ada pada sampo, hingga penyakit tertentu, seperti infeksi jamur dikulit kepala, psoriasis, dan dermatitis seboroik.

Namun, ketombe bukan suatu kondisi yang berbahaya. Cara mengatasinya bisa dengan produk tertentu hingga bahan-bahan alami berikut ini.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung sifat antimikroba yang berfungsi mengusir jamur penyebab infeksi. Efek pelembab dari minyak kelapa dapat membantu mengatasi ketombe dan kulit kering secara bersamaan. Minyak kelapa menembus ke bawah epidermis dan bertindak sebagai penghalang untuk membantu melindungi dari kekeringan dan peradangan lebih lanjut.

Baca:   Sering Lewatkan Sarapan? Hati-hati Penyakit Berbahaya Menghantui Kesehatan Tubuh

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Oleskan minyak kelapa ke kulit kepala, kemudian pijat secara perlahan dan diamkan selama 15–20 menit. Selain dapat menghilangkan ketombe, minyak kelapa juga baik untuk menghaluskan dan menyuburkan rambut.

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Antiradang dan antijamur pada lidah buaya diketahui dapat mengatasi peradangan di kulit kepala yang menjadi penyebab munculnya ketombe. Lidah buaya dapat membantu mendinginkan kulit kepala yang gatal akibat ketombe. Gel lidah buaya dapat meningkatkan retensi kelembaban dikulit dan mempercepat penyembuhan luka.

Oleskan gel lidah buaya yang dihaluskan ke kulit kepala, lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam. Gunakan lidah buaya secara rutin selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil optimal.

Cuka apel

Zat asam pada cuka apel dapat mengangkat sel kulit mati di kepala yang merupakan penyebab munculnya ketombe. Cuka apel juga dapat menyeimbangkan tingkat keasaman atau pH kulit kepala, sehingga mampu mengurangi dan menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Untuk menggunakan cuka apel sebagai antiketombe, anda perlu mencampurkan setengah gelas cuka apel dengan segelas air, lalu oleskan di kulit kepala secara merata. Setelah itu, tunggu selama 15 menit dan cuci rambut hingga bersih.

Baca:   Patah Hati Karena Putus Cinta, Kenali Cara Mengatasinya

Soda kue atau baking soda

Soda kue mengandung zat eksfolian yang bisa mengangkat minyak dan sel-sel kulit mati menumpuk di kulit kepala serta mengurangi rasa gatal. Bahan ini juga dapat membasmi jamur penyebab munculnya ketombe.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, taburkan soda kue secukupnya ke rambut yang basah secara merata, kemudian diamkan selama 1–2 menit sebelum keramas.

Garam

Selain untuk bumbu dapur, garam bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Garam diklaim mampu mengeksfoliasi untuk membersihkan timbunan sel kulit mati di kepala.

Garam diyakini dapat meminimalisir pertumbuhan jamur di kulit kepala dan menyerap minyak berlebih di kulit kepala yang bisa menjadi penyebab ketombe muncul.

Basahi rambut terlebih dahulu. Kemudian taburkan garam pada kulit kepala lalu lakukan gerakan pijatan pada kulit kepala hingga ketombe rontok. Lalu bilas rambut menggunakan sampo hingga bersih.

Jeruk nipis

Jeruk nipis adalah buah golongan citrus dengan cita rasa asam yang dipercaya dapat menghilangkan ketombe membandel. Penelitian menunjukkan ekstrak jeruk nipis dianggap ampuh menghilangkan ketombe.

Air perasan buah, kulit buah, dan daun jeruk nipis berfungsi menghambat perkembangan jamur penyebab ketombe karena kandungan Malassezia Furfur.

Cara menggunakannya, campurkan jeruk nipis dengan cuka apel, minyak kelapa, minyak zaitun atau garam dengan perbandingan 1:2. misal, satu sendok makan perasan jeruk nipis dengan dua sendok makan cuka apel.

Baca:   Kini Hadir Honda Genio dengan Desain Skutik Kasual Fashionable

Oleskan ke permukaan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 1,5 jam kemudian bilas rambut sampai bersih menggunakan sampo.

Bawang putih

Khasiat bawang putih bisa dirasakan untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Bawang putih memiliki sifat antimikroba yang cocok untuk menghilangkan jamur penyebab ketombe.

Hancurkan bawang putih atau mencampurkan bawang putih dengan bahan alami lainnya seperti madu. Pijat pada kulit kepala lalu biarkan beberapa menit. Jika sudah, bilas rambut sampai bersih.

Baby oil

Baby oil dapat membantu mencegah dan menghilangkan ketombe pada anak-anak dan orang dewasa. Baby oil cocok digunakan untuk masalah ketombe yang disebabkan oleh kulit jamur, ragi, atau kulit kepala kering. Baby oil bisa diaplikasikan langsung ke kulit kepala. Baby oil sebagai pelembab mampu mengatasi kulit kepala kering penyebab ketombe.

Minyak zaitun

Minyak zaitun akan membantu melembapkan kulit kepala yang kering dan mengurangi pengelupasan kulit yang menjadi salah satu penyebab ketombe. Minyak zaitun juga memiliki sifat antioksidan dan antibakteri, menjadikannya pembersih rambut yang baik. Pijat minyak zaitun ke kulit kepala kering dan sisir rambut dari ketombe. (C)

Laporan: Feni Sul Fianah
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan