Lagi Sariawan? Yuk Cek Cara Mengatasinya

  • Bagikan
Ilustrasi.(Foto: Sitti Apriyani/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: Sariawan adalah infeksi atau peradangan pada mulut yang terasa nyeri akibat infeksi jamur pada mulut. Masalah mulut satu ini tidak kenal usia, mulai dari bayi mingga lansia bisa mengalaminya.

Sariawan disebabkan oleh kebersihan mulut yang tidak terjaga, serta adanya faktor lain akibat infeksi, cedera, maupun alergi. Sariawan juga bisa muncul akibat kekurangan vitamin C, stres secara berlebihan, perubahan hormon saat menstruasi, pasta gigi yang mengandung bahan kimia berlebihan.

Ketika sariawan muncul, banyak hal bisa dilakukan untuk menyembuhkannya. Berikut ini bisa menjadi pilihan Anda untuk mengatasi sariawan.

Air Garam

Salah satu cara bisa mengobati sariawan, yaitu dengan air garam hangat. Caranya, membuat campuran 1/2 sendok teh garam dengan satu cangkir air hangat. Lalu aduk sampai rata, lalu kumur dan buang. Untuk anak-anak, pastikan mereka meludahkannya setelah selesai berkumur.

Air Es

Konsumsi air es bisa meredakan gatal dan rasa terbakar akibat sariawan. Dengan mengkonsumsi es dipercaya memberikan sensasi mati rasa pada titik nyeri.

Jaga Kebersihan Mulut

Untuk mengobati sariawan, kita harusnya cek dan jaga kebersihan mulut dengan cara menyikat gigi secara teratur dan melakukan perawatan rutin pada mulut. Jika menyikat gigi lebih baik gunakan sikat gigi lembut agar tidak melukai gusi dan berkumur dengan pembersih mulut yang mempunyai kadar alkohol.

Baca:   Cara Menarik Membungkus Kado Natal

Pil dan Minuman Probiotik

Pil dan minuman probiotik dijual bebas dengan acidophilus dan lactobacilli terkandung di dalamnya dapat membantu mengembalikan bakteri ramah ke mulut dan saluran pencernaan.

Pilihan-pilihan ini cocok untuk kasus sariawan ringan yang berkembang setelah Anda menggunakan antibiotik. Sebagai bonus, mereka membantu memulihkan bakteri di saluran usus Anda yang seringkali diperlukan setelah perawatan antibiotik. (C)

Laporan: Sitti Apriyani
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan