Lalai Jaga Kamtibmas, Kapolres Muna Diminta Copot Kapospol Kontukowuna

  • Bagikan
KMPM Kontukowuna bertemu Kapolres Muna membahas kamtibmas dan meminta pencopotan Kapospol Kontukowuna. (Foto: ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Keberadaan polisi, seyogyanya menjadikan masyarakat merasa nyaman dalam melaksanakan aktivitas harian. Sesuai semboyannya yakni mengayomi dan melayani, polisi di manapun berada harus selalu sigap dalam menciptakan ketenteraman.

Namun di Kecamatan Kontukowuna Kabupaten Muna, sejumlah masyarakat merasa Kepala Pos Polisi (Kapospol) Kontukowuna tidak mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Sehingga mereka meminta Kapolres Muna tegas terhadap anak buahnya, dengan mencopot Kapospol Kontukowuna dari jabatannya. Permintaan itu disampaikan langsung kepada Kapolres, AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga, di ruang kerjanya, Senin (7/1/2019).

“Karena banyaknya kejadian yang akhir-akhir ini meresahkan masyarakat Kontukowuna. Makanya kami langsung berinisiatif mendatangi bapak Kapolres Muna di ruangannya,” ujar jenderal lapangan Koalisi Mahasiswa, Pemuda, dan Masyarakat Kecamatan Kontukowuna (KMPM Kontukowuna), Raden Salianto kepada Sultrakini.com, Senin (14/1/2019) di Kendari.

KMPM menilai, kondisi wilayah Kontukowuna saat ini tidak kondusif. Sebab persoalan masyarakat yang terjadi tidak dapat dituntaskan oleh Kapospol, IPDA Wayan M.

Raden Salianto membeberkan, sejumlah kasus belum diselesaikan oleh Kapospol sampai berlarut-larut. Diantaranya penikaman pemuda Desa Bahutara, pelemparan rumah warga, hingga perkelahiana antar pemuda yang sampai kini belum diselesaikan.

Padahal kata Raden, persoalan-persoalan tersebut sudah pernah dilaporkan kepada aparat Pospol Kontukowuna. Namun belum ada langkah-langkah yang diperbuat polisi untuk menyelesaikannya. Sehingga dia berharap pihak Polres Muna segera mencopot Kapospol Kontukowuna karena tidak mampu menciptakan kamtibmas di wilayah Kecamatan Kontukowuna.

Baca:   Residivis Pencuri Sapi Diciduk, Mengaku Curi Ratusan Sapi di Konut

“Kita tahu bahwa ini tugas dan kewenangan pihak keamanan dalam hal ini pihak kepolisian. Makanya kami menghadap langsung kepada bapak Kapolres Muna agar bisa diambil langkah-langkah untuk mengatasi persoalan di Kontukowuna,” katanya.

“Jika tuntutan kami tidak diamini, maka kami akan turun melakukan penyegelan Kantor Kapospol juga menghadap langsung kepada Kapolda Sultra,” tegasnya.

Menurut Raden Salianto, Kapolres Muna berjanji akan menindaklanjuti permintaan masyarakat itu sesuai mekanisme. Kapolres juga akan segera melakukan langkah-langkah konkret demi menciptakan kamtibmas di wilayah Kecamatan Kontukowuna.

Editor: Gugus Suryaman

  • Bagikan