Lansia di Kendari Mulai Divaksinasi

  • Bagikan
Vaksinasi lansia di Kota Kendari, Kamis (4/3/2021). (Foto: Mahatma Adnan Nuari/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Vaksinasi untuk lansia mulai digelar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (4/3/2021). Ribuan dosis vaksin sinovac pun disediakan.

Pemberian vaksin Covid-19 untuk lansia di Kendari dijadwalkan tiga hari, mulai Kamis ini dan berpusat di Kantor Dinas Kesehatan Kendari. Vaksin disediakan oleh petugas, yakni 6.248 dosis.

“Sebetulnya target lansia untuk Kota Kendari itu sebesar 29.129, tapi karana memang vaksin yang dikirim untuk Kota Kendari baru 6.248, itu yang kita prioritaskan dulu sekarang,” jelas Kepala Dinkes Kendari, Rahminingrum, Kamis (4/3/2021).

Salah seorang pemerima vaksin Herisanto (57), mengaku biasa saja usai disuntik vaksin sinovac. Tidak ada rasa sakit ataupun efek tertentu dirasakannya.

“Alhamdulillah tidak ada apa-apa. Tanggal 18 (Maret) nanti disampaikan kembali lagi untuk tahap selanjutnya,” terangnya.

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, menjelaskan vaksinasi kategori lansia bagian dari program vaksinasi tahap kedua. Sasaran vaksinasi lansia adalah sekitar 21 juta orang.

“Untuk penyuntikan menggunakan vaksin Sinovac ini, interval penyuntikan khusus untuk lansia adalah 28 hari, ” jelasnya dilansir dari laman Covid-19.

Khusus lansia, terdapat prosedur spesidik dan berbeda ketika melakukan vaksinasi. Misalnya, suhu tubuhnya mesti tidak lebih dari 37,5 derajat celcius dan tekanan darahnya tidak lebih dari 180/110 mmHg.

Baca:   Formasi CPNS 2018 Kantor Bahasa Sultra

Ada pula sejumlah pertanyaan tambahan ketika wawancara sebelum lansia menerima vaksin Covid-19 sebagai wujud kehati-hatian. Berikut pertanyaannya.

  1. Apakah mengalami kesulitan untuk naik 10 anak tangga?
  2. Apakah sering merasa kelelahan?
  3. Apakah memiliki paling sedikit 5 dari 11 penyakit (Hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke dan penyakit ginjal)?
  4. Apakah mengalami kesulitan berjalan kira-kira 100 -200 meter?
  5. Apakah mengalami penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun terakhir?

Jika ada tiga atau lebih dijawab ‘iya’ oleh calon penerima vaksin lansia, vaksin tidak dapat diberikan. (B)

Laporan: Mahatma Adnan Nuari
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan