Lansia yang Hilang di Hutan Besulutu Konawe Tertemukan

  • Bagikan
Tim gabungan Basarnas Kendari saat menemukan Lakuo (80) lansia yang sudah lima hari hilang di hutan daerah Desa Besulutu, Kabupaten Konawe, Sultra pada Sabtu (13/11) malam (Dok. Basarnas Kendari)
Tim gabungan Basarnas Kendari saat menemukan Lakuo (80) lansia yang sudah lima hari hilang di hutan daerah Desa Besulutu, Kabupaten Konawe, Sultra pada Sabtu (13/11) malam (Dok. Basarnas Kendari)

SULTRAKINI.COM: Tim Rescue Basarnas Kendari dibantu dengan tim gabungan dari aparat serta masyarakat setempat berhasil menemukan Lakuo (80) lansia yang dinyatakan hilang di hutan Desa Besulutu, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam keadaan selamat, sekitar pukul 22.00 Wita pada Sabtu, (13/11/2021) lalu.

Lakuo (80) ditemukan setelah 4 hari dilakukan pencarian oleh pihak Basarnas Kendari dan tim gabungan dari pemerintah setempat. Sebelumnya, pada selasa 9 November 2021 pukul 13.00 Wita, Lakuo berangkat dari rumahnya untuk mengecek tanaman sagu. Biasanya dia kembali dari hutan pukul 17.30 Wita. Namun, Lakuo tak kunjung kembali.

Kepala Basarnas Kota Kendari Aris Sofingi mengatakan, Tim SAR gabungan berhasil menemukan Lakuo yang hilang dalam keadaan lemas. Jarak penemuannya sekitar 1,5 arah barat dari tempat hilangnya.

“Sekitar pukul 22.00 Wita Tim SAR menemukan dalam keadaan lemas. Selanjutnya korban di evakuasi menggunakan ambulance ke RS Bhayangkara dimana kondisi fisik korban saat ditemukan dalam keadaan lemas dan tiba di RS Bhayangkara pada pukul 23.40 Wita. Setelah sempat menjalani perawatan medis, Lakuo dinyatakan meninggal dunia,” kata Aris Sofingi, melalui siaran pers nya, Minggu (14/11/2021).

Ia menyebut, dalam pencarian kali ini melibatkan Rescuer KPP Kendari 6 orang, Polsek Sampara 4 orang, BPBD Konawe 6 orang, Babinsa Batu Molomba 4 orang, Babinsa Batu Molomba 4 orang, Sabda Alam Konawe 5 orang, masyarakat setempat 50 orang, keluarga korban 20 orang dan Forum Pemuda Pemerhati Lingkungan Sultra 7 orang.

Baca:   Saat Sedang Indehoy, Pria Ini Ngorok Lalu Meninggal

Lanjut dia, jenazah Kakek Lakuo telah dibawa ke rumah duka di Desa Besulutu, Kecamatan Besulutu, Konawe menggunakan ambulans Basarnas.

“Dengan ditemukannya korban tersebut, Ops SAR terhadap satu orang yang dilaporkan hilang di hutan Desa Besulutu, Kabupaten Konawe dinyatakan selesai dan ditutup,” pungkasnya.

(Baca juga: Warga Lansia 80 Tahun Hilang di Hutan Besulutu Konawe)

Laporan: Yelza Atrimien dan Sita Cahyani
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan