Lantik Sejumlah Kepala OPD dan Staff Ahli, Pj Bupati Koltim Minta Seluruh ASN Harus Kompak

  • Bagikan
Pj Bupati Koltim, Sulwan Aboenawas saat melantik dan mengambil sumpah jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama Pemda Koltim, Senin (4/4/2022). (Foto: Hasrianti/SULTRAKINI.COM)
Pj Bupati Koltim, Sulwan Aboenawas saat melantik dan mengambil sumpah jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama Pemda Koltim, Senin (4/4/2022). (Foto: Hasrianti/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLTIM – Pelaksana jabatan (Pj) Bupati Kolaka Timur (Koltim) Ir. H. Sulwan Aboenawas kembali melakukan pelantikan, pengukuhan, dan pengambilan sumpah jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) yang di laksanakan di Aula Pemda Koltim yang hadiri Pj Sekda, Belli SE, saksi-saksi dan tamu undangan sejumlah ASN, Senin (4 April 2022).

Pada sambutannya, Sulwan Aboenawas Msi memaparkan, bahwa pelantikan, pengukuhan, dan pengambilan sumpah jabatan ini adalah tindak lanjut dari hasil uji kompetensi yang telah diaksanakan 20 Januari 2022 dan telah memperoleh persetujuan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melaui surat nomor 821/1581/SJ tanggal 29 Maret 2022 tentang perihal persetujuan pengukuhan pengangkatan dan pelantikan sumpah jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama dilingkungan Pemda Koltim dan persetujuan KASN nomor B-374/KSN/1/2022 tanggal 27 Januari 2022 perihal rekomendasi hasil uji kompetensi dalam rangka rotasi atau mutasi pejabat pimpinan tinggi pratama.

“Pelantikan hari ini hanya sebatas rotasi antar jabatan pimpinan tinggi pratama sebagai upaya penyegaran instansi untuk meningkatkan motivasi kerja. Selain itu, rotasi ini juga bertujuan menempatkan pegawai sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, sebagaimana hasil uji kompetensi yang telah dilaksanakan dengan prinsip ‘The Right Man on The Right Job’ menempatkan orang yang tepat pada jabatan yang tepat,” katanya.

Baca:   UHO Evaluasi KKN Mahasiswa
Pj Bupati Koltim, Sulwan Aboenawas saat melantik dan mengambil sumpah jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama Pemda Koltim, Senin (4/4/2022). (Foto: Hasrianti/SULTRAKINI.COM)

Menurutnya, para pejabat yang telah dilantik harus menunjukkan kinerja dengan baik dan maksimal, karena jabatan merupakan kedudukan yang menunjukkan tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang, dan hak seorang PNS dalam suatu satuan organisasi, dan merupakan amanah yang diberikan oleh Allah SWT.

“Olehnya itu saya berpesan kepada seluruh pejabat yang dilantik hari ini untuk senantiasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan cara bekerja dengan baik, profesional, dan penuh tanggung jawab,” pintanya.

Sulwan juga menegaskan, bahwa hal yang terpenting bagi pejabat yang baru dilantik adalah bagaimana mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah Kabupaten Koltim selama lima tahun masa kepemimpinan yang telah tertuang dalam RPJMD.

Maka untuk itu, diperlukan kerja sama antara berbagai pihak, termasuk Staff Ahli, Asisten, dan kepala OPD beserta jajarannya. Sehingga roda pemerintahan dapat berjalan pada jalur yang benar.

Dalam kesempatan ini, dia juga mengajak kepada semua pejabat maupun ASN lingkup Pemda Koltim untuk membangun sinergitas dalam upaya menyelesaikan pekerjaan rumah yang harus dibereskan dan dikerjakan bersama, demi mewujudkan Kabupaten Kolaka Timur yang berdaya saing, maju, dan sejahtera dengan menghilangkan sekat atau kubu-kubuan diantara ASN.

Baca:   Pj Bupati Koltim Serahkan SK CPNS dan P3K: Kita Bangga dapat Energi Baru untuk Membangun Daerah

“Saya mengimbau kepada semuanya agar menghilangkan pengkubu-kubuan diantara ASN, dan bekerjalah secara profesioanal karena kita adalah satu, yakni satu untuk Kolaka Timur dan mudah-mudahan pejabat yang telah dilantik hari ini dapat menjalankan peran barunya dengan penuh tanggung jawab. Serta berkontribusi maksimal dalam pembangunan Kabupaten Kolaka Timur di segala bidang,” bebernya.

Pj Bupati Koltim, Sulwan Aboenawas bersama Kepala OPD dan Staff Ahli usai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, Senin (4/4/2022). (Foto: Hasrianti/SULTRAKINI.COM)

Berikut nama-nama pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik dan dikukuhkan sebagai berikut:

1. Andi Muhammad Iqbal Tongasa, S.STP.,M.Si dilantik sebagai Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah.

2. Bio Mansur, S.Pd.,M.Pd.,M.Si  sebelumnya menjabat sebagai Staff Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, kini dengan jabatan baru Kepala Dinas Transmigarsi dan Tenaga Kerja.

3. Ir. Muhammad Aras, M.Si sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perkebunan dan Holtikultura dan kini menjabat sebagai Staff Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Sekretariat Daerah.

4. Lasky Paemba, SP M.Si, jabatan sebelumnya Staff Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, kini menjabat Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura.

5. Maryono, S.Pd.,MEpd jabatan sebelumnya  Kepala Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan dan tetap menjabat selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Baca:   Dosen UHO Kembangkan Pembuatan Kapur Tohor di Muna

6. Makmur Watukila, S.IP.,M.Si jabatan sebelumnya Kepala Dinas Nakertrans kini menjabat sebagai Staff Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Sekretariat Daerah.

7. Amiruddin, S. Pd sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan tetap menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

8. Hj. Ulfawati, S.Kep sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan tetap menjabat sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana

9. Dra. Hj. Murtini Balaka, M.Si jabatan sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian dan Pembambangunan Sumber Daya Manusia dan tetap menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pembangunan Sumber Daya Manusia. 

10. Drs. Abraham, M.Si jabatan sebelumnya Sekretaris DPRD dan tetap menjabat sebagai Sekretaris DPRD. 

11. Syakhrifin, S.Sos.,M.Si jabatan sebelumnya Kepala Dinas Sosial dan tetap menjabat sebgai Kepala Dinas Sosial. 

12. Dr. Mustakim Darwis, S.P.,M.Si jabatan sebelumya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pembangunan Kabupaten Kolaka Timur dan kini tetap menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian dan Pembangunan kabupaten Koltim.

Selain melantik dan mengukuhkan Pejabat  Pimpinan Tinggi Pratama, Pj Bupati Koltim Sulwan Aboenawas juga melantik Pelaksna Tugas (Plt) Kabag Umum Drs Syarifudin M.Pd yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Badan Kepegawaian dan Pembangunan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). (B)

Laporan: Hasrianti
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan