Letehina Pimpin Askab PSSI Konawe

  • Bagikan
Suasana Kongres 2018 Askab PSSI Konawe di hotel Arisandi. (Foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Askab-PSSI) Konawe, menggelar Kongres 2018 dalam rangka pergantian pucuk pimpinan, Sabtu (31/3/2018) malam. Letehina, terpilih secara aklamasi memimpin organisasi tersebut menggantikan Ardin yang telah menjabat dua periode.

Dalam sambutannya, Ardin bercerita awal mula terbentuknya PSSI Konawe beberapa tahun silam. Ketika itu masih di era kepemimpinan Lukman Abunawas. Oleh pimpinan ketika itu, dirinya ditunjuk untuk menahkodai PSSI. Namun di tengah jalan terjadi gejolak di tubuh organisasi.

“Ketika itu ada musyawarah tanpa sepengetahuan saya. Namun setelah itu saya kembali dipercaya untuk menahkodai PSSI,” ceritanya.

Selama memimpin, lanjut Ardin, PSSI Konawe pernah mendapatkan medali emas saat di Porprov Buton Utara empat tahun silam. Menurutnya, prestasi tersebut mesti diraih kembali oleh nakhoda selanjutnya.

Menurut pria yang menjabat Ketua DPRD Konawe itu, dalam PSSI harus menguasai tiga model kepemimpinan. Pertama, model politisi yang memiliki semangat harus menang. Kedua, semangat wirausaha yang pantang rugi dan harus untung.

“Ketiga, semangat birokrasi, yakni semangat untuk melayani,” terangnya sambil mengatakan jika dirinya tetap akan mendukung program PSSI pasca kepemimpinannya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sultra, Sabaruddin Labamba mengingatkan, PSSI jangan mati di tangan nahkoda baru. Melainkan harus lebih hidup lagi. Ia berharap, jika saat ini masih ada tujuh klub yang ada di Konawe, ke depannya bisa lebih banyak lagi.

Baca:   Pesan Gubernur Sultra di HUT Konawe: Optimalkan Pariwisata, Pangan, dan Kebudayaan

“Konawe punya potensi pemain dan pelatih yang mumpuni. Salah satu buktinya adalah keberhasilan meraih medali emas di Porprov Butur beberapa tahun lalu,” jelasnya.

Ketua Akab PSSI Konawe yang baru, Letehina meminta segenap pihak untuk mendudung PSSI di bawah nahkodanya. Dukungan itu khususnya, dari para pegiat sepak bola di Konawe.

“Tantangan kita ke depannya adalah membuat PSSI Konawe lebih maju lagi. Makanya saya sangat harapkan dari pemerintah, pegiat bola dan pihak lainnya,” tandasnya.

Konggres tersebut, selain ketua, turut pula dipilih Wakil Ketua Askab PSSI Konawe Abduh Rakhman dan anggota executive, Askan Jumar, Sumantri, Yusran Umar.

 

Laporan: Mas Jaya

  • Bagikan