LPDS akan Gelar Media Literasi dan UKW di Kendari

  • Bagikan
Ilustrasi.

SULTRAKINI.COM: Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) Jakarta bekerja sama dengan Universitas Halu Oleo akan menyelenggarakan media literasi bagi mahasiswa dan dosen serta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi wartawan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara pada 3-5 Februari 2022.

“Kegiatan tersebut adalah partisipasi LPDS untuk membagikan pengetahuan dan pengalaman khususnya mengenai pemanfaatan media sosial, penyelenggaraan UKW bagi wartawan setempat, sekaligus ikut memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari,” jelas Direktur Eksekutif LPDS, Hendrayana di Jakarta, Kamis (27 Januari 2022).

Puncak peringatan HPN 2022 akan dilaksanakan di Kota Kendari pada 9 Februari 2022, menurut rencana akan dihadiri juga Presiden RI, Joko Widodo.

Menyangkut agenda media literasi akan mengangkat topik “Bijak dan Petik Manfaat Media Sosial” yang digelar secara hybrid, yaitu luring untuk sekitar 75 orang mahasiswa dan dosen, serta daring dengan menghadirkan narasumber Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UHO, Dr. La Tarifu, M.SI dan empat orang pengajar LPDS pada 3 Februari 2022 .

Materi akan disampaikan, meliputi peran kampus dalam memanfaatkan media sosial untuk kegiatan belajar dan mengajar oleh Dekan FISIP UHO, sementara pemateri Hendrayana akan menyampaikan aturan hukum dan etika dalam menggunakan media sosial.

Baca:   20.000 Mangrove Ditanam di Teluk Kendari

Pemateri Lahyanto Nadie nantinya membawakan materi pemanfaatan media sosial untuk meningkatkan branding, portofolio, dan marketing.

Dua pembicara lain, yaitu Maria D. Andriana akan mengenalkan peserta tentang potensi platform penulisan online sebagai wadah aktualisasi diri, sekaligus cara kiat menjadi penulis fiksi dan nonfiksi secara daring, sedangkan Priyambodo RH akan mengupas tentang masa depan media sosial, rambu-rambu, jebakan, dan peluang bagi penggunanya.

Khusus UKW, menjadi salah satu ketentuan bagi wartawan Indonesia untuk mendapatkan sertifikasi dalam menjalankan profesinya, sehingga LPDS memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengundang 25 orang perserta, yaitu wartawan di Provinsi Sultra untuk mengikuti UKW yang diawali dengan pelatihan jurnalistik pada 3-5 Februari 2022.

Peserta UKW akan mengikuti kegiatan dalam tiga jenjang, yaitu jenjang Muda untuk wartawan yang belum pernah mengikuti UKW, jenjang Madya dan Utama untuk mereka yang pernah mengikuti UKW pada jenjang di bawahnya sesuai persyaratan UKW.

Dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut, LPDS mendapat dukungan dari mitra kerja, yaitu Pertamina Hulu Energi, Bank Mandiri, Djarum Foundation, dan BPJS Ketenagakerjaan, serta Pemerintah Provinsi Sultra.

Untuk diketahui, LPDS didirikan pada 23 Juli 1988 oleh Dewan Pers, bernaung di dalam Yayasan Pendidikan Multimedia Adinegoro, merupakan Lembaga penyelenggara pelatihan jurnalistik dan uji kompetensi wartawan yang aktif dan memiliki hampir 21 ribu alumni di seluruh Indonesia.

Baca:   Sultra Siap Sukseskan HPN 2022, PWI Akan Gelar Anugerah Kebudayaan

Editor: Sarini Ido
Rilis LPDS

  • Bagikan