Mahasiswa STIP Wuna Diajak Lestarikan Alam dan Lingkungan

  • Bagikan
Foto bersama kegiatan OP2L STIP Wuna di Kelurahan Lapadaku Kecamatan Lawa, Kabupaten Muna Barat. (Foto: Hasan Jufri/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Wuna Raha, Program Studi Kehutanan, Sulawesi Tenggara diajak ikut melestarikan alam dan lingkungan. Misalnya saja terlibat dalam Orientasi Pendidikan dan Pengenalan Lapangan (OP2L).

OP2L merupakan salah program wajib setiap mahasiswa Kehutanan STIP Wuna sebelum menyandang status rimbawan dan menyelesaikan studinya di Prodi Kehutanan STIP Wuna.

Di balik program ini, mahasiswa akan belajar menumbuhkan kecintaan dalam melestarikan hutan, lingkungan, dan belajar peduli dengan masyarakat sekitar. Serta masih banyak lagi akan dipelajari mahasiswa sepanjang kegiatan tersebut.

“Kami Dinas Lingkungan Hidup mengajak mahasiswa STIP bersinergi melestarikan alam dan lingkungan,” ujar La Ode Muhammad Masri mewakili Kepala DLH Mubar pada pembukaan OP2L, Rabu (17/3/2021).

Diterangkan Ketua Jurusan Kehutanan STIP Wuna, Wa Ode Ernawati Marfi, OP2L XII berlangsung selama sepekan di Kawasan Hutan Lapadaku. Mahasiswa juga akan menerima sejumlah materi terkait rimbauan, dialog, olahraga, tracking, permainan, pelantikan dan api unggun sebagai penutup kegiatan.

“Kegiatan ini bertujuan melatih dan menumbuhkan kesadaran peserta dalam melestarikan hutan dan lingkungan serta peduli terhadap masyarakat sekitar,” ucapnya.

Ketua STIP Wuna melalui Wakil Ketua III, La Sinaeni, mengimbau peserta kegiatan bersungguh-sungguh selama pelatihan sehingga ke depannya bisa berkontribusi dalam kegiatan pelestarian alam dan lingkungan. Sebab hutan bagian dari penyangga kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya sehingga bisa hidup secara seimbang. (C)

Baca:   Judul Kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa UHO dapat Award Tingkat Nasional

Laporan: Hasan Jufri
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan