Majukan SDM Kepariwisataan, Buton Kuliahkan Putra Putri Daerah ke Batam

  • Bagikan
Kepala Dinas Pariwisata Buton, La Ode Abdul Zainuddin Napa. (Foto: La Ode Ali/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Tujuh orang tamatan SMA sederajat di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, berkesempatan melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Kota Batam, Kepulauan Riau tahun 2017. Ketujuhnya merupakan perwakilan dari tujuh kecamatan di wilayah setempat.

Dijelaskan Kepala Dinas Pariwisata Buton, La Ode Abdul Zainuddin Napa, kesempatan itu diperoleh dari pemberian beasiswa yang dikucurkan Pemda melalui Dinas Pariwisata Buton. Mereka nantinya akan menggali potensi di bagian kuliner selama duduk di bangku perkuliahan. Tindakan itu juga, bagian dari kerja sama antara Pemda Buton dengan Direktur Batam Tourism Polytechnic (BTP), M. Nur A Nasution yang ditandatangani 5 Mei 2017 guna pengembangan sektor pariwisata, demi peningkatan pendapatan asli daerah serta daya saing daerah.

“Mereka nanti dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Buton. Jadi diperkirakam satu orang itu menghabiskan anggaran untuk sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) Rp 200 juta sampai selesai kuliah selama delapan semester,” terang Zainuddin.

Menurutnya, MoU dengan BTP adalah kali pertama dilakukan. Selain itu, Buton menjadi satu-satunya daerah di Indonesia Timur yang bekerjasama dengan kampus swata terbesar di Batam dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang kepariwisataan. “Ini sebuah kebanggaan buat kita karena dipercaya oleh kampus ini,” katanya bangga.

Baca:   Festival Budaya Tua, Pemda Buton Galang Dana untuk Lombok

Adapun yang diberangkatkan melalui Beasiswa ini yaitu Rifan lulusan SMAN 1 Lasalimu Selatan, Candra dari SMAN 1 Lasalimu Selatan, Maulana Malik Ibrahim SMKN 2 Pasarwajo, Fatur Rahman MA Swasta Lasalimu, LM Nazar Madani MA Swasta Lasalimu, Jihan Safira SMKN 1 Lasalimu Selatan, dan Yudi lulusan SMAN Kapontori.


Laporan: La Ode Ali

  • Bagikan