MAN IC Kota Kendari Loloskan Empat Siswanya Ikuti Kompetisi Sains Tingkat Nasional

  • Bagikan
Empat siswa MAN IC Kota Kendari yang akan mengikuti Kompetisi Sains Tingkat Nasional Tahun 2021 (Foto: Ist)
Empat siswa MAN IC Kota Kendari yang akan mengikuti Kompetisi Sains Tingkat Nasional Tahun 2021 (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kota Kendari berhasil meloloskan empat siswanya untuk mengikuti kompetisi sains tingkat nasional 2021.

Adapun ke empat siswa itu bernama Arif Eka Surya di bidang Biologi, Tribuana Tungga Dewi Wansha Wibisono pada bidang Kimia, kemudian Muhammad Farisman Anshor di bidang Geografi, dan Umar Jihad di Bidang Informatika Komputer.

Ke empat siswa tersebut berhasil lolos setelah sebelumnya berhasil keluar sebagai juara satu dan meraih medali emas dalam kompetisi sains nasional (KSN) Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara. Kompetisi tersebut telah dilangsungkan secara serentak di seluruh wilayah kabupaten/kota se- Sultra dari 13 September hingga 16 September 2021 lalu.

“Mulanya MAN IC Kota Kendari mengikutsertakan 19 delegasi yang berlaga dalam 9 bidang lomba yakni bidang Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Namun setelah pengumuman hanya empat siswa yang lolos,” ujar Asni, Humas MAN IC Kota Kendari, Jumat (8/10/2021).

Berdasarkan hasil pengumuman yang dirilis Pusat Prestasi Nasional pada Selasa, 5 Oktober 2021, telah menempatkan empat siswa MAN IC Kota Kendari sebagai peraih medali emas.

ibu alimazi

Sementara itu, Kepala MAN IC Kota Kendari, Muhammad Naim mengungkapkan perasaan suka citanya atas prestasi yang diraih oleh anak didiknya, walaupun masih suasana pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat mereka untuk terus berprestasi.

Baca:   Pemkot Tetapkan Besaran Zakat Fitrah 1440 H Wilayah Kendari

“Bahwa apa yang telah diraih oleh anak-anak merupakan hasil dari usaha dan kerja keras serta semangat untuk selalu mengikuti pembinaan walaupun dalam kondisi yang sangat terbatas, dan paling terpenting dari semua ini adalah karena adanya ikhtiar dan doa dari semua pihak,” tuturnya.

Atas raihan ini tentunya dapat dijadikan motivasi kepada siswa lain agar terus berusaha dan semangat dalam belajar serta berlatih untuk mengikuti kegiatan kompetisi pada tingkat nasional nantinya.

“Terima kasih dan penghargaan juga saya sampaikan kepada para guru yang telah memberikan pendampingan melalui proses pembelajaran kepada anak-anak dengan baik sehingga mereka mampu memperoleh hasil yang maksimal dalam kegiatan KSN-P,” tandasnya.

Diketahui, kompetisi sains nasional merupakan salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia setiap tahun. (B)

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan