Mapala USN Kolaka Bersihkan Pantai Malaha, Ajak Anak Muda Jaga Pesisir

  • Bagikan
Anggota Mapala USN Kolaka gelar aksi bersih-bersih di Pantai Malaha. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Anggota Mapala Universitas 19 November Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara bersih-bersih Pantai Malaha di Desa Malaha, Kecamatan Samaturu, Minggu (20 Maret 2022).

Aksi bersih-bersih lingkungan merupakan tradisi tahunan dari anggota Mapala USN Kolaka. Kegiatan kali ini mengambil lokasi Pantai Malaha. Di mana objek wisata ini memiliki sejumlah tempat pembuangan sampah namun beberapa pengunjung masih membuangnya sembarangan. Nampak sampah anorganik, misalnya botol dan kemasan plastik serta sampah rumah tangga berserakan di sepanjang bibir pantai.

“Plastik merupakan sampah yang sangat susah terurai dan salah satu ancaman bagi biota laut,” jelas Pembina Mapala USN Kolaka, Ashari Arifin.

Arifin menerangkan, sampah plastik di laut lama-kelaman akan berakhir menjadi mikro plastik yang bukan hanya mengancam kehidupan biota laut, tetapi membahayakan manusia yang mengkonsumsi hasil laut.

Untuk itulah kegiatan bersih-bersih sampah dilakukan demi membangkitkan kesadaran masyarakat secara umum dan warga di sekitar pantai untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Sementara itu, Ketua Umum Mapala USN Kolaka, Ahmad Jalaluddin menyampaikan bersih-bersih pantai merupakan sarana edukasi efektif bagi masyarakat, khususnya anak muda dalam mengendalikan pencemaran pesisir.

“Ini bentuk kepedulian dan partisipasi Mapala USN Kolaka dalam menjaga pantai, menciptakan lingkungan bersih dan lestari,” ucapnya. (C)

Baca:   Gunakan Uang Palsu Saat Beli Online, Pria di Kolaka Ditangkap Polisi

Laporan: Hasrianti
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan