Masker Gratis akan Dibagikan di Kendari, Tahap Awal 5 Ribu pcs

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Menindaklanjuti perintah Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir untuk membagikan 11 ribu masker gratis kepada masyarakat, Dinas Kesehatan telah siap memenuhi hal tersebut, namun jumlahnya baru akan didistribusi 5 ribu pcs masker gratis.

Pendistribusian masker gratis di Kota Kendari dilakukan pihak Dinkes melalui 15 puskesmas dan rumah sakit.

“Jadi stok sudah ada yang masuk, ini kita tahan dulu, biar petugas kita yang minta kita tidak dikasi karena ini akan diprioritaskan untuk masing-masing puskesmas,” kata Kepala Dinkes Kendari, Rahminingrum, Selasa (17/3/2020).

Rahminingrum menuturkan, mengingat sangat terbatasnya jumlah masker tersebut, pihaknya hanya akan memprioritaskan pembagian masker gratis bagi pasien atau masyarakat didiagnosa menderita Ispa yang dirawat di puskesmas atau rumah sakit. Masker gratis juga akan diprioritaskan kepada petugas kesehatan puskesmas dan rumah sakit.

“Dari stok sementara ini pihak rumah sakit daerah (RSUD Abunawas) sudah minta sebanyak 500 pcs karena jumlah petugas kesehatan di sana banyak,” terangnya.

Sementara itu, 6 ribu masker gratis sisanya akan masuk pada minggu ini dan langsung didistribusikan ke puskesmas masing-masing di Kota Kendari.

“Pembagian di puskesmas ini jumlahnya disesuaikan dengan jumlah pasien dan petugas kesehatan, kalau dirata-ratakan per hari itu dari 15 puskesmas di Kendari sekitar 1.037 pasien perhari, belum lagi petugas kesehatan yang merawat pasien,” tambahnya.

Baca:   Verifikasi Administrasi Parpol Diumumkan, di Kendari PAN-Hanura Terbanyak Salahi Sipol

Mengantisipasi terbatasnya jumlah persediaan masker gratis di Kota Kendari, Dinkes mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi penularan wabah virus Corona menggunakan masker alternatif atau masker kain dan tetap memperhatikan pola hidup bersih dan sehat.

Untuk diketahui, total puskesmas di Kota Kendari, yakni 15 puskesmas terdiri dari Puskesmas Poasia, Lepo-Lepo, Benu-benua, Puuwatu, Kemaraya, Labibia, Mekar, Perumnas, Jati Raya, Kandai, Mata, Kendari Permai, Abeli, dan Puskesmas Nambo.

Sebelumnya, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir berjanji akan membagikan 11 ribu masker gratis kepada masyarakat pada konferensi pers antisipasi wabah virus Corona pada Minggu (15/3/2020). Selain pernyataan itu, wali kota juga mengeluarkan sejumlah kebijakan terkait pencegahan penularan Corona terhitung 16 Maret lalu.

(Baca juga: Cegah Wabah Corona, Ini Sejumlah Larangan dan Imbauan dari Pemkot Kendari)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan