Masuki Musim Penghujan, Asrun Ingatkan Warga Peduli Lingkungan

  • Bagikan
Saluran air di salah satu tempat di Kota Kendari yang sedang dikerjakan.Foto: Didul/SULTRAKINI.COM

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Memasuki musim penghujan di akhir tahun 2016, Walikota Kendari, Asrun, mengingatkan warganya untuk tetap memelihara kebersihan lingkungan. Menurutnya, hal ini perlu senantiasa dilakukan agar masyarakat terhindar dari berbagai penyakit yang kerap terjadi di musim hujan. 

“Memasuki musim penghujan, kami menghimbau agar masyarakat  senantiasa menjaga kebersihan ligkungannya. Sebab musim hujan dengan lingkungan yang kotor biasanya menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit, seperti demam berdarah,” kata Asrun usai membuka satu  kegiatan, Senin (17/10/2016) siang.

Selain itu, Walikota Kendari dua periode ini juga mengingatkan warga untuk senantiasa waspada dengan bencana banjir. Ia menekankan agar masyarakat tidak membuang sampah di sembarang tempat terutama di selokan maupun sungai. “Air itu harus diberikan jalan, bukan ditahan. Kalau ditahan, ketika volumenya besar pasti menimbulkan banjir,” ujarnya.

Asrun juga mengkritisi sebagian warga yang menutup drainase yang sudah dibuat oleh pemerintah. Katanya, karena drainase tersebut tertutup akibatnya air tidak dapat mengalir dan menumpuk sehingga menimbulkan bau busuk dan memicu terjadinya wabah penyakit. “Kadang warga juga menimbun sampai menutupi saluran air. Efeknya air menumpuk dan menjadi sarang wabah penyakit. Selain itu juga menimbulkan banjir ketika hujan tiba,” terangnya.

Baca:   19 Kapal Siap Layani Mudik ke Sejumlah Wilayah di Sultra

Ia mengatakan, penanganan masalah banjir tidak bisa hanya dibebankan ke Pemerintah Kota Kendari. “Tidak bisa setiap banjir Pemkot yang disalahkan. Masyarakat juga punya andil dalam penanganan banjir dengan menjaga kebersihan saluran air di lingkungannya masing-masing,” tutupnya.

  • Bagikan