Mau Tukar Uang Saat Ramadan dan Idul Fitri 1443 H? Tenang, BI Siapkan Rp 175,26 Triliun

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Dok Sultrakini.com)

SULTRAKINI.COM: Bank Indonesia menyediakan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1443 Hijriah. Jumlah nominalnya rupanya naik 13,42 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Melihat pertumbuhan ekonomi terus berlanjut, serta mengantisipasi peningkatan transaksi masyarakat yang sejalan dengan mulai terkendalinya pandemi Covid-19, BI menyediakan uang tunai senilai Rp 175,26 triliun.

Kenaikkan jumlah itu juga disengaja dengan memprediksi akan adanya peningkatan aktivitas perekonomian dan pembayaran di lingkungan masyarakat saat Ramadan dan Idul Fitri, sehingga dinilai membutuhkan peningkatan pelayanan sistem pembayaran tunai dan nontunai.

“Selain menyiapkan uang tunai, BI juga mendorong masyarakat memanfaatkan pembayaran nontunai,” ucap Deputi Gubernur BI, Aida S. Budiman, Senin (4 April 2022) dilansir dari laman BI.

Layanan Penukaran Uang Tunai

Selain itu, bagi masyarakat hendak melakukan penukaran uang tunai jelang Idul Fitri, BI menyediakan dua bentuk pelayanan, yakni penukaran uang di perbankan mulai 4-29 April 2022. Di mana BI bersinergi dengan perbankan nasional dengan menyiapkan 5.013 titik di seluruh Indonesia. Lokasinya sendiri terjadi penambahan delapan persen dibandingkan tahun lalu.

Layanan penukaran uang tunai lainnya bisa melalui Mobil Kas Keliling BI mulai 4 April 2022.

“Penukaran uang melalui kas keliling BI kembali hadir setelah vakum dua tahun akibat pandemi. Untuk menghindari kerumunan, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR, sebelum mendatangi lokasi.

Baca:   Moody’s Kukuhkan Peringkat RI Pada Level Baa2 Stabil, Namun Banyak Tantangan

Laporan: Sarini Ido

  • Bagikan