Mau Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga? 7 Tips Diet Ini bisa Jadi Pilihan

  • Bagikan
Ilustrasi. (pexels.com)

SULTRAKINI.COM: Memiliki tubuh ideal merupakan impian hampir setiap orang. Tidak harus perempuan, banyak kaum adam juga menginginkan bentuk tubuh ideal. Tetapi kesibukan sehari-hari membuat kita kesulitan meluangkan waktu untuk berolahraga namun tetap ingin diet.

Jika ingin diet tanpa olahraga, anda bisa mencoba dengan memperhatikan apa yang dikonsumsi untuk membantu lebih sedikit kalori serta melakukan aktivitas yang dapat menurunkan berat badan.

Dilansir dari HaiBunda, berikut ini tujuh tips diet yang dapat membantu menurunkan berat badan tanpa olahraga.

  1. Makan tanpa handphone

Orang yang makan sambil menonton televisi atau bermain handphone mungkin lupa berapa banyak yang telah mereka makan.

Suatu ulasan dari 24 penelitian menemukan bahwa orang yang terganggu (handphone atau gadget) saat makan akan mengonsumsi sekitar 10 persen lebih banyak makanan. Kebiasaan tersebut juga akan berpengaruh besar pada asupan kalian di kemudian hari.

Orang-orang yang terganggu saat makan bisa mengonsumsi 25 persen lebih banyak kalori dari pada mereka yang tidak terganggu. Jadi, cobalah mulai makan tanpa menggunakan HP yah.

  1. Jangan makan terlalu cepat

Menurut penelitian sains, salah satu cara menurunkan berat badan yang dianggap efektif, yaitu mengunyah secara perlahan. Mengunyah makanan dengan lambat dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengonsumsi makanan lebih sedikit.

Seberapa cepat anda menyelesaikan makanan mempengaruhi berat badan. Sebuah tinjuan dari 23 studi observasional melaporkan bahwa orang yang makannya lebih cepat mungkin lebih mudah mengalami kenaikan berat badan dibanding makan lebih lambat.

Baca:   Cuaca Dingin Picu Stroke dan Serangan Jantung
  1. Minum air putih 30 menit sebelum makan

Minum air putih secara rutin bisa membantu anda makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan, terutama jika meminumnya sebelum makan.

Sebuah studi pada orang dewasa menemukan bahwa minum setengah liter air sekitar 30 menit sebelum makan bisa mengurangi rasa lapar dan asupan kalori.

Minum air sebelum makan kehilangan berat badan 44 persen lebih banyak selama periode 12 minggu dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

Jika anda mengganti minuman berkalori seperti, soda atau jus yang biasa dikonsumsi dengan air putih maka mungkin mengalami efek yang lebih besar.

  1. Piring kecil untuk makanan tidak sehat

Salah satu tips untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga, yaitu menggunakan piring yang lebih kecil untuk makanan yang tidak sehat.

Selengkapnya

Laporan: Tian dan Siti Fauzizah Astuti.A
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan