Melepas Keberangkatan CJH Konut, Ruksamin Tanamkan Dua Pesan Haji Mabrur

  • Bagikan
Pelepasan pemberangkatan CJH asal Konawe Utara, Sulawesi Tenggara oleh Bupatinya Ruksamin di Masjid As Salam. (Foto: Arifin Lapotende/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Melepas keberangkatan 18 calon jamaah haji asal Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara, Ruksamin selaku Bupati setempat memberikan pesan khusus untuk menjadi haji mabrur.

Para jamaah bertolak dari Masjid As Salam Konut, usai melaksanakan salat Jumat berjamaah.

Dalam kesempatan itu, Ruksamin berpesan jamaah mengawali perjalanan ibadah dengan niatan tulus menuju ke tanah suci guna melaksanakan rukun Islam kelima.

“Sebelum berangkat, niatnya itu harus benar ikhlas dan tulus karena Allah. Jangan lagi pikirkan harta atau urusan di rumah, itu semua kita serahkan kepada Allah SWT agar haji kita mendapat predikat mabrur,” kata Ruksamin, Jumat (11/8/2017).

Hal penting lainnya kata dia, menghargai keberagaman budaya, bahasa, aturan yang berlaku. Melaksanakan ibadah haji tidak hanya dari Indonesia, tentunya berbagai negara akan bertemu di tempat suci tersebut.

Menyaksikan perbedaan itu, jamaah Konut diharapkannya menjauhi tindakan-tindakan tidak terpuji yang jelas dilarang oleh Pemerintahan Arab Saudi. Termasuk menjaga diri dari keegoisan, arogan, mencelah dan tidak mudah terprovokasi dengan isu yang belum jelas kebenarannnya. Sembari itu, para jamaah baiknya membangun rasa semangat kebersamaan, perkuat persaudaraan dan santun.

“Diharapkan kepada calon jamaah haji, agar selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para petugas medis yang mendampingi bapak/Ibu/saudara sekalian, apabila ada sesuatu hal yang dirasa mengganggu kesehatan,” ujarnya.

Baca:   Minim Komputer, SMPN 9 Kendari Tetap Upayakan UNBK

CJH asal Konut terdiri dari beberapa kecamatan, yakni Kecamatan Asera, Andowia, Molawe, Lasolo, Wawolesea dan Kecamatan Wiwirano. Jamaah tertua berusia 72 tahun dan termuda 42 tahun. Menurut Kepala Seksi Binmas Islam Kementerian Agama Konut, Yamin Saranani, jamaah akan diberangkatkan menuju embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan menggunakan kloter 20 pada 13 Agustus 2017 penerbangan kedua pukul 13.35 Wita.

“Rombongan 10, regu 39 dan 40 Insya Allah akan bertolak dari Kendari ke Makassar pada hari Minggu, 13 Agustus 2017. Dan bertolak dari embarkasi Makassar menuju Jeddah Arab Saudi pada hari Senin, 14 Agustus 2017 pukul 22.30 Wita,” jelas Yamin.

Laporan: Arifin Lapotende

  • Bagikan