Menang Adu Penalti, PWI Sultra Lolos Babak Semifinal Futsal pada Porwanas Malang

  • Bagikan
Skuad PWI Sultra (abu-abu) dan PWI Kaltim (putih). (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: Tim Futsal PWI Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil mengamankan tiket babak semifinal cabang olahraga (Cabor) Futsal pada perhelatan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) ke XIII Malang, Jawa Timur setelah berhasil mengalahkan Tim PWI Kalimantan Timur lewat adu penalti, Kamis (24 November 2022).

PWI Sultra menang adul penalti dengan skor 3-1. Setelah dua kali pertandingan 20×20 menit berhasil imbang 4-4.

loker wartawan sultrakini

Pada pertandingan sebelumnya, PWI Sultra berhasil mengalahkan PWI Papua Barat dan PWI Sulawesi Utara. Dan dinyatakan lolos pada babak 8 besar kontra PWI Kalimantan Timur.

Keberhasilan PWI Sultra mencapai babak semifinal ini merupakan sejarah pertama bagi skuad PWI Sultra selama keikutsertaan pada ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas).

Jalannya Pertandingan

Pada babak awal, Tim PWI Sultra berhasil unggul lebih awal menit ke 4 lewat sepakan kaki kanan Erlin dari dalam kotak gawang. Setelah berhasil mengecok pemain belakang Kaltim. Berselang beberapa menit kemudian skuad asuhan Sarjono ini kembali memperbesar kemenangan lewat Haerun tembakan dari luar kotak penalti.

Pada menit ke 13 PWI Kaltim berhasil memperkecil kekalahan menjadi 2-1, namun pada ke 15 dan 17 PWI Sultra kembali menambah gol lewat Haerun dan Imank.

Dua menit sebelum babak pertama berakhir, PWI Kaltim kembali membobol gawang PWI Sultra yang dijaga ketat oleh  La Ode Kadamu. Babak pertama pun berakhir dengan skor 4-2, atas keunggulan PWI Sultra.

Baca:   Permintaan Ekspor Besi dan Baja Sultra Meningkat di Tiga Negara

Pada babak kedua, PWI Sultra menerapkan pola permainan bertahan dan menyerang, namun menjelang detik-detik akhir PWI Kaltim berhasil menyamakan kedudukan menjadi 4-4. Drama adu penalti pun dilakukan antara kedua kesebelasan.

Pada babak adu penalti ini, pelatih PWI Sultra Ramadhan Hafid menunjuk tiga algojonya untuk mengeksekusi penalti, yakni Haerun, Imank, dan Rahmat Rullah.

Eksekusi awal penalti PWI Sultra Haerun berhasil menjebloskan bola. Pemain PWI Kaltim juga berhasil menyamakan kedudukan, skor 1-1. Penendang kedua PWI Sultra Imank Rindang juga berhasil membobol penjaga gawang. Tapi sayang, eksekusi penalti kedua PWI Kaltim berhasil dihalau oleh kiper PWI La Ode Kadamu lewat kali kanannya, bola pantul keluar, skor menjadi 2-1.

Rahmat Rullah bertindak sebagai penendang ketiga PWI Sultra berhasil menutup babak adu penalti, untuk kemenangan PWI Sultra dengan skor akhir 3-1. Dan dinyatakan lolos babak semifinal.

“Alhamdulillah, tim PWI Sultra kembali memenangkan pertandingan di babak delapan besar dan lolos di semi final untuk pertama kalinya dalam sejarah keikut sertaan PWI Sultra di ajang Porwanas yang digelar tiap tiga tahun sekali,” ujar Sarjono sekaligus Ketua PWI Sultra kepada sejumlah awak media di Malang.

Dikatakannya, kemenangan tim futsal di babak pertama melalui gol yang diceploskan Erlin, La Ode Iman dan dua gol Haerun tidak dapat dipertahankan hingga babak kedua berakhir.

Baca:   PWI Sultra Gelar Sosialisasi Undang-undang Pers dan KEJ

“Tim kami sudah mengalami penurunan stamina, dan itu dimanfaatkan tim futsal PWI Kaltim dan mampu menyamakan kedudukan hingga pluit panjang dibunyikan oleh wasit pertandingan,” katanya.

Sementara itu, Pelatih PWI Sultra, Ramadhan Hafid, mengakui, bila skuadnya mengalami penurunan stamina setelah melakoni pertandingan tiga hari berturut-turut.

“Kami bersyukur masih dapat memenangkan laga adu finalti, sehingga kami lolos di babak semi final yang akan dilaksanakan sore ini juga,” katanya singkat.

Skuad Tim Futsal PWI Sultra yaitu:
Manajer Tim: Sarjono
Pelatih: Ramadhan Hafid
Pemain: Haerun (punggung 6) sekaligus capten/flank kanan, Kadamu (punggung 21) gol kiper, Mahdar Tayong (punggung 10), Rahmat Rullah (pungging 24) anchor, Hasrul Tamrin (punggung 27) pifot, Iman Rindang (punggung 15) pifot, Erlin (punggung 87) pifot, Umar Murhum (punggung 88), Dewo (punggung 92) pifot, dan Laumara (punggung 79) anchor.

Editor: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan