Mengapa Pelukan Itu Penting?

  • Bagikan
Ilustrasi
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: Jangan abaikan pelukan. Faktanya, tindakan sederhana ini akan membuat hubungan menjadi semakin dekat serta memperkuat ikatan emosi.

Memeluk pasangan, perasaan tenang dan senang akan muncul, mengapa demikian?

Ketika memeluk orang lain, otak akan melepas hormon dopamin yang mendatangkan rasa tenang dan rileks. Selain itu, tubuh melepaskan endorfin yang bermanfaat mengurangi rasa sakit di tubuh. Kedua hormon ini rupanya ampuh mengurangi tingkat stres dan depresi.

Manfaat pelukan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena tingkat stres menurun ketika mendapat pelukan.

Rajinlah memeluk pasanganmu untuk meningkatkan ikatan emosi yang tentunya baik dalam suatu hubungan.

 

Lewat pelukan, orang akan merasa aman dan percaya diri serta melemaskan otot-otot yang tegang, melepaskan tekanan dari tubuh dan mengatasi rasa sakit dengan meningkatkan sirkulasi ke jaringan tubuh.

Pelukan juga dianggap sebagai meditasi. Sebab, segala beban dan masalah yang dihadapi seseorang mengalir bersama energi kehidupan, sehingga tidak perlu lagi repot-repot ke kelas yoga atau meditasi.

Sebuah pelukan dipercaya membuka jalur komunikasi karena melepas ketegangan dalam hubungan. Ini bisa menjadi alternatif, ketika dirundung masalah. Setelah berpelukan, bicarakan permasalahan itu secara baik-baik dan tenang.

 

Dari berbagai sumber
Editor: Sarini Ido

Baca:   Sepuluh Kebijakan Ini akan Diberlakukan di 2019
  • Bagikan