Mengenal Asuransi Wahana Tata dan Askrida

  • Bagikan
Ilustrasi
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: Sebelum membeli produk asuransi, sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu perusahaan asuransi yang akan dimiliki. Seperti Aswata, atau asuransi Askrida yang merupakan dua brand asuransi ternama dan terbaik di Indonesia.

Aswata adalah salah satu asuransi tertua di Indonesia yang masih eksis sampai saat ini. Tercatat perusahaan ini berdiri sejak tahun 1964, artinya sudah lebih dari 50 tahun.

Sebagai salah satu asuransi paling lama di Indonesia, Wahana Tata merupakan perusahaan asuransi umum yang menyediakan layanan asuransi di berbagai bidang, baik perlindungan kendaraan bermotor, kesehatan, properti, sampai perjalanan.

Selain Aswata, ada asuransi Askrida, perusahaan asuransi yang berfokus pada penyediaan asuransi umum. Askrida berada di bawah naungan PT Asuransi Bangun Askrida.

Sekilas Tentang Wahana Tata

PT. Asuransi Wahana Tata (Aswata) adalah perusahaan yang memberikan layanan asuransi dan ketenangan finansial untuk masyarakat Indonesia.

Perusahaan ini sudah memiliki sertifikat resmi yang sesuai dengan hukum di Indonesia, termasuk sudah tercatat dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Wahana Tata telah banyak memberikan inovasi untuk mempermudah masyarakat Indonesia dalam mengakses informasi mengenai asuransi.

Salah satunya adalah dengan meluncurkan  layanan Lintaswata, yaitu teknologi dimana seluruh proses bisnis perusahaan bisa dilakukan secara online.

Untuk layanan asuransinya sendiri, Wahana Tata menyediakan jaminan di berbagai bidang, di antaranya:
       • Asuransi mobil
       • Asuransi uang
       • Asuransi properti
       • Asuransi perjalanan
       • Asuransi rangka kapal
       • Asuransi pengangkutan
       • Asuransi syaria
       • Asuransi kecelakaan diri

Wahana Tata juga bekerja sama dengan Lifepal yang bisa membuat proses registrasi asuransi jadi semakin mudah.

Kenapa Harus Ikut Asuransi Wahana Tata?

Asuransi Wahana Tata merupakan perusahaan yang berdiri dengan payung hukum yang jelas. Hal tersebut saja sudah jadi alasan utama kenapa Anda perlu memilih perusahaan ini, sebab banyak sekali kasus penipuan asuransi di Indonesia.

Baca:   Mendagri: Inovasi RPJMD dan RKPD bisa Hasilkan Dana Tanggap Bencana

Tapi bukan itu saja, Wahana Tata juga masih punya banyak kelebihan dibandingkan asuransi lainnya, seperti:

* Mudah Klaim dan Customer Service yang       tanggap
* Proses klaim asuransi di Wahana Tata sangat cepat karena customer service yang tanggap dan melayani sampai 24 jam. Untuk klaim asuransi, pertama-tama Anda perlu menghubungi call center atau customer service agar dijelaskan apa saja dokumen yang perlu dipersiapkan. Sehingga waktu datang ke kantor cabang nanti, nasabah tidak perlu bolak-balik karena dokumen tidak lengkap atau repot-repot bawa dokumen yang sebenarnya tidak dibutuhkan.
* Punya banyak bengkel rekanan di seluruh Indonesia.

Khusus untuk nasabah asuransi kendaraan bermotor, Wahana Tata sudah bekerja sama dengan lebih dari 100 bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jadi waktu ingin servis mobil dan motor, tidak perlu cari bengkel yang jaraknya jauh hanya agar bisa klaim biaya servisnya.

Sekilas Tentang Perusahaan Asuransi Askrida

Karena fokus pada asuransi umum, nasabah Askrida memang kebanyakan berasal dari perusahaan lain. Dengan kata lain, bisnis asuransi Askrida berfokus pada business-to-business (B2B).

Fokus bisnis Askrida tersebut sesuai dengan moto mereka, yaitu “Mitra dalam Usaha Pelindung dalam Duka”. Sesuai moto tersebut, Askrida membuktikan bahwa mereka memang dapat diandalkan. Bukan cuma slogan, mereka pun telah meraih berbagai penghargaan nyata.

Adapun beberapa penghargaan tersebut, antara lain:
* Penghargaan asuransi terbaik berdasarkan kinerja keuangan di tahun 2018 oleh Infobank.
* Asuransi umum terbaik 2018 oleh Majalah Investor.
* Penghargaan oleh Warta Ekonomi.

Nah, bagi nasabah yang memiliki usaha maupun perorangan bisa mempertimbangkan produk-produk asuransi umum dari Askrida.

Produk Asuransi yang Dimiliki Askrida

Produk asuransi dari Askrida termasuk sangat beragam. Terdapat sekitar 10 pilihan asuransi yang disediakan dan disesuaikan dengan tiap case yang spesifik. Malah ada beberapa produk asuransi yang masih jarang ditemukan di perusahaan asuransi lain. Berikut detail masing-masing produk tersebut.

Baca:   KAHMI Dirikan Kampus, Prof Laode Masihu Sebagai Rektor Pertama

1. Asuransi Askrida harta benda.

Produk asuransi harta benda dari Askrida ditujukan bagi nasabah perorangan. Adapun proteksi yang diberikan adalah Household Insurance dan asuransi kebakaran.

Household Insurance ditujukan untuk proteksi rumah, isi, serta penghuni rumah apabila terjadi kejadian tidak terduga karena berbagai sebab. Sementara itu, asuransi kebakaran lebih ditujukan pada proteksi terhadap kerugian akibat kebakaran, baik api, petir, dan ledakan.

2. Asuransi kendaraan bermotor

Masih untuk nasabah perorangan, Askrida punya asuransi kendaraan bermotor. Asuransi tersebut menanggung risiko kecelakaan lalu lintas yang meliputi tabrakan lalu lintas, perbuatan jahat oleh orang lain, pencurian, dan kebakaran akibat bencana alam.

Khusus untuk asuransi kendaraan bermotor dari Askrida, kita bisa menghitung simulasinya melalui laman situs Askrida di http://www.askrida.com/kalkulator-kendaraan-bermotor.html.

3. Asuransi konstruksi

Produk asuransi ini ditujukan bagi proyek-proyek konstruksi. Jadi, selama periode pembangunan apabila terjadi risiko seperti kerusakan pada mesin dan sebagainya, maka akan diganti oleh Askrida.

Adapun pilihan proteksi untuk proyek yang dihadirkan oleh Askrida berupa asuransi kontraktor, asuransi pemasangan mesin, dan asuransi apabila terjadi kerusakan mesin.

4. Asuransi kecelakaan

Produk asuransi kecelakaan Askrida cukup unik. Sebab, proteksi yang diberikan ditujukan sebagai perlindungan kerugian akibat perampokan atau kebongkaran rumah. Nah, produk asuransi ini memberikan proteksi tidak hanya bagi properti tetapi juga penghuni rumah. Termasuk juga kecelakaan karena nasabah terjangkit virus ataupun terhirup asap beracun.

Khusus untuk asuransi kecelakaan atau general accident, Askrida menyediakan produk asuransi kebongkaran dan asuransi kecelakaan diri. Kemudian, ada pula asuransi perjalanan yang ditujukan untuk proteksi kecelakaan.

5. Asuransi penjaminan

Asuransi penjaminan atau surety bond Askrida menawarkan proteksi terhadap kerugian yang bisa terjadi atas perjanjian di antara kontraktor dan pemilik proyek. Jadi, asuransi ini cocok bagi kita yang memiliki proyek tertentu maupun sebagai kontraktor.

Baca:   Aset Perbankan di Sultra Mencapai 41,18 Triliun

Adapun cakupan proteksi atau perlindungan yang diberikan mulai dari penawaran proyek, pelaksanaan, hingga pemeliharaan.

6. Kontra bank garansi

Asuransi berupa kontra bank garansi mungkin masih menjadi istilah asing bagi orang awam. Secara sederhana, kontra bank garansi ini adalah asuransi yang menjamin kerugian finansial yang dialami oleh pihak bank. Sebabnya adalah karena terjadi wanprestasi alias ingkar janji dari kontraktor. Dengan begitu, bakal ada ganti rugi kepada pihak bank dari asuransi.

7. Asuransi kredit

Jika kontra bank garansi memberikan ganti rugi pada wanprestasi oleh kontraktor, maka asuransi kredit merupakan proteksi kerugian akibat debitur. Saat ada kredit macet oleh debitur, sebenarnya bank akan menerima ganti rugi dari pihak asuransi.

8. Asuransi kapal

Asuransi kapal Askrida atau marine insurance terdiri atas dua proteksi, yaitu asuransi rangka kapal dan asuransi pengangkutan barang.

Asuransi rangka kapal memberikan perlindungan ganti rugi apabila terjadi kerusakan pada kapal itu sendiri. Sementara asuransi pengangkutan barang dikhususkan untuk barang-barang yang diangkut oleh kapal tersebut.

9. Asuransi uang

Bagi pemilik usaha, uang yang menjadi aset perusahaan bisa diasuransikan. Asuransi uang Askrida menawarkan perlindungan berupa asuransi pengiriman maupun penyimpanan uang. Asuransi ini khususnya sangat dibutuhkan saat kita bertransaksi bisnis.

10. Asuransi Golf

Ini dia produk asuransi yang cukup jarang di Indonesia. Penyelenggara turnamen golf bisa mendapatkan ganti rugi karena pencairan hadiah hole-in-one. Hole-in-one maksudnya saat pemain bisa menembakkan bola dari cup menuju lubang hanya dalam sekali tembakan. Oleh sebab itu, asuransi ini diberi nama Hole in One Insurance. (Adv)

Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan