Mengenal Pantai Batu Gong, Pasir Hitam hingga Ombak yang Ganas

  • Bagikan
Pantai Batu Gong. (Foto: Ali Rasyid/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: Pantai Batu Gong merupakan salah satu objek wisata yang berada Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pantai Batu Gong terletak di Kabupaten Konawe berjarak sekitar 13 kilometer dari pusat Kota Kendari. Lokasinya yang memang cukup jauh dari permukiman warga membuat Pantai Batu Gong memiliki suasana tenang dipadukan suara deburan ombak.

Nama Batu Gong diambil karena keunikan pantainya. Menurut masyarakat sekitar, sejarah pantai ini berasal dari adanya batu yang berbentuk gong di tepi pantai. Konon, jika dipukul akan mengeluarkan suara seperti gong.

Keindahan lain dari Pantai Batu Gong, yakni memiliki pasir pantai hitam yang membentang sepanjang sekitar empat kilometer yang membuatnya semakin eksotik. Tidak sedikit juga beberapa orang memilih kegiatan yang memacu adernalin seperti berselancar karena mempuyai ombak besar.

Tetapi di balik keindahannya itu, Pantai Batu Gong dikenal dengan ombak yang ganas. Di saat cuaca ekstrem, ombak pantai bisa mencapai empat meter.

Karena ombaknya yang ganas itu banyak kejadian orang terseret arus hingga tenggelam. Salah satu insidennya, yaitu tiga orang bocah terseret ombak saat bermain di pantai pada Minggu (26 Juni 2022). Satu orang di antaranya ditemukan di hari kedua operasi pencariannya, namun dalam keadaan meninggal, sedangkan lainnya ditemukan selamat. (C)

Baca:   Perangi Kekerasan Perempuan dan Anak, Polres dan Pemda Konawe Teken MoU

(Baca: Bocah Terseret Ombak di Pantai Batu Gong Konawe Ditemukan Meninggal)
(Baca juga: Wisatawan Pantai Batu Gong Terseret Gelombang, Satu Meninggal, Dua Orang Hilang)
(Baca juga: Kajur Penjaskes UHO Ungkap Fakta-fakta Insiden Mahasiswa Terseret Gelombang Pantai Batu Gong)

Laporan: Tian
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan