Meninggal Saat Tidur, Ini bisa Jadi Penyebabnya

  • Bagikan
Ilustrasi.

SULTRAKINI.COM: Kematian merupakan rahasia Tuhan dan tak jarang ditemukan orang meninggal dalam keadaan tidur tanpa ada gejala yang dialami. Hal ini disebabkan masalah kesehatan seseorang.

Informasi dari berbagai sumber menyebutkan, sebab-sebab masalah kesehatan ini berpotensi menyebabkan seseorang meninggal dalam keadaan tidur.

  1. Karena penyakit diabetes diakibatkan kondisi kadar glukosa dalam darah rendah.
  2. Posisi tidur telentang menjadi salah satu penyebab kematian mendadak karena kelumpuhan diafragma, yakni otot yang mengontrol pernapasan. Kondisi neurologi seperti epilepsi juga bisa meningkatkan risiko meninggal dalam posisi tidur.
  3. Orang dengan epilepsi refrakter lebih rentan terhadap sindrom yang dikenal sebagai Sudden Unexpected Death In Epilepsy (SUDEP) disebabkan oleh kejang yang memengaruhi fungsi pernapasan, jantung, dan elektroserebral tubuh.
  4. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol yang meningkatkan risiko stroke yang bisa berakibat fatal saat tidur.
  5. Gagal jantung dan sleep apnea yang menyebabkan jantung berhenti mendadak serta pernapasan mulai berhenti saat tidur. Sleep apnea terjadi ketika seseorang berhenti bernapas saat tidur selama sepuluh detik, berulang hingga lima kali dalam satu jam.
  6. Keracunan karbon monoksida menjadi salah satu penyebab lainnya seseorang mengalami mati mendadak karena gas yang dikeluarkan hingga tidak sengaja terhirup saat seseorang sedang terlelap tidur. Misalnya, lupa mematikan kompor atau mesin mobil yang sedang dipanaskan sedangkan Anda berada di dalam rumah atau mobil. (C)
Baca:   Prof. Sri Rezeki Hadinegoro, Sosok di Balik Produksi Vaksin Covid-19

Laporan: Sitti Apriyani
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan