Menkop UKM Teten Masduki Apresiasi Peluncuran Pasar Lokal Suara UMKM

  • Bagikan
Suasana kelas UMKM di Bandung Kamis, 11 Agustus 2022, yang diramaikan ratusan peserta, sebagai bagian dari rangkaian program Pasar Lokal Suara UMKM yang resmi diluncurkan pada Senin, 15 Agustus 2022 secara virtual oleh Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki. (Foto: Ist)
Suasana kelas UMKM di Bandung Kamis, 11 Agustus 2022, yang diramaikan ratusan peserta, sebagai bagian dari rangkaian program Pasar Lokal Suara UMKM yang resmi diluncurkan pada Senin, 15 Agustus 2022 secara virtual oleh Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) RI, Teten Masduki, sangat mengapresiasi peluncuran program Pasar Lokal Suara UMKM yang diselenggarakan oleh Suara.com, bertujuan untuk memberikan pelatihan, pendampingan, pemasaran, dan bantuan modal kepada pelaku UMKM.

Dengan mengusung tema Sinergi Bersama untuk Wujudkan UMKM Maju dan Naik Kelas, Menkop UKM berharap bisa menjadikan UMKM berkualitas dan memiliki daya saing ke depannya.

“Saya apresiasi Suara.com yang telah menyelenggarakan program Pasar Lokal Suara UMKM. Acara ini sangat bagus, agar ke depan umkm lebih berkualitas dan memiliki daya saing,” ucapnya, Senin (15 Agustus 2022).

Teten Masduki melanjutkan, bahwa pengembangan UMKM saat ini memang harus dilakukan untuk bisa mempertahankan perekonomian dari krisis. Apalagi menurutnya, krisis pangan dan energi saat ini mulai menghantui banyak negara dengan adanya perang Rusia-Ukraina.

“Kita percaya bahwa melalui pengembangan UMKM ekonomi Indonesia bisa bertahan dari krisis yakni UMKM yang berdasarkan potensi ekonomi daerah,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama pimpinan redaksi Suara.com, Suwarjono menjelaskan, bahwa program ini merupakan salah satu bentuk kontribusi media dalam mengembangkan UMKM agar bisa go digital.

Apalagi, saat ini pelaku UMKM yang go digital baru 19 juta dari 60 juta pelaku UMKM seluruh Indonesia.

Baca:   Manfaat Tinta Cumi-Cumi bagi Kesehatan

“Kami merasakan betul bagaimana bapak/ibu di berbagai daerah terutama pelaku usaha mikro menengah itu jadi tulang punggung perekonomian, inilah yang sangat menarik karena merekalah yang berhasil melewati di semua krisis,” ucapnya.

Dalam program tersebut, terdapat pelatihan, talkshow, hingga coaching clinic yang bisa dimanfaatkan UMKM untuk bisa meningkatkan kapasitasnya.

Selain itu kegiatan kelas UMKM pertama telah digelar di Bandung pada 11 Agustus 2022 lalu yang dihadiri ratusan pelaku UMKM, serta selanjutnya akan digelar di Yogyakarta 18 Agustus dan di Solo 20 Agustus 2022.

Adapun puncak kegiatan Pasar Lokal Suara UMKM akan berlangsung di Yogyakarta pada 22-23 Oktober 2022, yang akan diikuti oleh sebanyak 30 pelaku UMKM lokal yang telah lolos seleksi. Dari situ nantinya, UMKM yang masuk 10 besar akan mendapatkan pendanaan untuk pengembangan, dengan jumlah modal usaha sebesar total Rp 65 juta.

Pelaku UMKM yang tertarik untuk ikut serta, saat ini masih dipersilakan untuk mendaftar secara online. Pendaftaran program “Pasar Lokal Suara UMKM bisa dilakukan melalui laman: microsite.suara.com/umkm. (B)

Laporan: Tian
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan