Mitos atau Fakta Nanas Muda bisa Gugurkan Kandungan

  • Bagikan
Ilustrasi.

SULTRAKINI.COM: Sebagai salah satu buah tropis di Indonesia, nanas menjadi populer diperbincangkan. Bukan hanya manfaat kesehatan yang dikandungnya, melainkan fakta atau mitos nanas bisa mengakibatkan keguguran.

Betulkah buah nanas bisa gugurkan kandungan?

Nanas merupakan salah satu buah yang tubuh di daerah tropis dan masuk dalam famili Bromeliaceae. Tanaman dari Amerika Selatan ini sejatinya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, sebagian orang menjadikan nanas sebagai cemilan lantaran rendah kalori dan kandungan lemaknya hanya 0,1 miligram dalam 100 gram nanas.

Banyak orang juga menggunakan nanas untuk membantu memperlancar sistem pencernaan, sebagai kecantikan kulit, dan manfaat lainnya.

Namun terlepas dari banyaknya manfaat itu, buah nanas sering dikaitkan dengan makanan untuk menggugurkan kandungan.

Dilansir dari berbagai sumber, buah nanas bisa menggugurkan kandungan tidak sepenuhnya salah. Sebab kandungan enzim bromelain di dalam nanas akan bekerja memecah protein dalam tubuh. Sedangkan awal kehamilan atau trimester awal, janin masih terdiri dari sel protein sederhana. Untuk itulah ketika ibu hamil mengkonsumsi bromelain ini diduga bisa terjadi perdarahan dan keguguran.

Bromelain ternyata juga bisa merangsang leher rahim melunak dan longgar sehingga memicu persalinan dini.

Meski demikian muncul pertanyaan, harus berapa banyak buah nanas dikonsumsi sehingga bisa berakibat keguguran?

Dalam sebuah penelitian menyebutkan, nanas segar berukuran sedang mengandung 16 miligram bromelain yang bisa didapatkan melalui proses permunian batang atau nanas masak dari pohonnya. Kemudian jika trimester awal janin bisa berefek keguguran karena nanas, ibu hamil disebutkan mengkonsumsi 7-10 nanas segar sekaligus. Inilah membuat banyak orang percaya nanas bisa menggugurkan kandungan.

Baca:   "Satu Tandan Pisang Tak Semuanya Menghasilkan Buah Terbaik"

Perlu diketahui juga kandungan bromelain dalam buah nanas-mudah menghilang ketika melalui proses pengalengan atau jus. Kondisi ini juga serupa saat buah nanas dipetik sebelum matang dan disimpan dalam waktu yang lama hingga matang sempurna.

Di satu sisi, buah nanas dikatakan tidak sepenuhnya benar berakibat menggugurkan kandungan, jika dikonsumsi tidak berlebihan.

Efek menggugurkan juga bisa saja berpotensi apabila ibu hamil memiliki masalah asam lambung. Sebab nanas mengandung asam tinggi yang berisiko terjadinya kenaikkan asam lambung.

Sementara ibu hamil tergolong mudah mengalami kenaikkan asam lambung yang didorong perubahan hormon.

Dari sekian potensi tersebut, para ibu hamil banyak memilih menghindari mengkonsumsi buah nanas demi kesehatan kandungan.

Di sini terjawab bahwa mitos buah nanas bisa menggugurkan kandungan tidak sepenuhnya salah. Nanas muda maupun masak tidak cukup menimbulkan efek merusak janin atau menyebabkan keguguran.

Laporan: Sarini Ido

  • Bagikan