Momen HUT Bhayangkara, Polres Baubau Kumpulkan 107 Kantor Darah

  • Bagikan
Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari S.IK saat melakukan screening dan siap melakukan transfusi darah. (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)
Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari S.IK saat melakukan screening dan siap melakukan transfusi darah. (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Polres Baubau melaksanakan giat donor darah sebagai salah satu kegiatan bakti sosial sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhayangkara yang ke- 75 tahun 2021 di Gedung Kemitraan Polres Baubau, Jumat (25 Juni 2021).

Melalui aksi donor darah ini, Polres Baubau berhasil mengumpulkan sebanyak 107 kantong darah dari para pendonor yang sukarela mendonorkan darahnya.

Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari S.IK mengatakan, sebanyak 107 kantung darah hasil dari giat ini siap disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan darah sebagai wujud nyata bakti TNI/Polri kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan dari setetes darah yang kita berikan ini bermanfaat bagi masyarakat,” kata Rio kepada media seusai kegiatan donor darah, Jumat (25/6/2021).

Kata dia, untuk penyaluran kantong-kantong darah hasil giat ini pihaknya telah bekerjasama dengan PMI Kabupaten Buton. Apabila ada warga yang membutuhkan darah tinggal berkoordinasi dengan PMI Buton.

Dia juga menjelaskan, dalam aksi pengumpulan darah ini dilakukan sesuai prosedur kesehatan dan dikerjakan langsung oleh tenaga-tenaga kesehatan yang terampil dari PMI Buton.

“Sebelum pelaksanaannya (pengambilan darah) terlebih dulu di tes darahnya, harus dilihat dari kualitas darahnya, jika tidak memenuhi kriteria maka tereliminasi,” terangnya.

Sementara para pendonor darah, lanjut Rio, berasal dari anggota kepolisian dan Ibu-ibu Bhayangkari cabang Kota Baubau, keluarga besar anggota Polri dan beberapa dari masyarakat yang datang langsung ke Polres Baubau untuk melakukan donor.

Baca:   Kali Pertama di Indonesia, Lampung Salurkan Pupuk via Online

Selain giat donor darah, rangkaian HUT Bhayangkara Polres Baubau juga melakukan berbagai bakti sosial lainnya, diantaranya pemberian sembako kepada masyarakat terdampak secara ekonomi, kunjungan silaturahmi kepada purnawirawan Polri dan Warakawuri  dilingkup Polres Baubau.   

Pada Kamis (24 Juni 2021), Polres Baubau juga telah melaksanakan giat bakti sosial dengan melakukan penyemprotan disinfektan dengan sasaran sekolah-sekolah, tempat ibadah, dan tempat umum lainnya guna mengantisipasi penyebaran virus Corona varian baru.

Dalam pelaksanaan donor darah ini dilakukan sesuai dengan standar  protokol kesehatan. Para pendonor terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan screening sebelum dilakukan tindakan. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan