Motor Listrik Resmi Mengaspal di Sultra, Ali Mazi Langsung Uji Coba Perdana

  • Bagikan
Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi uji coba Motor Listrik bertenaga baterai di jalan raya, (Foto: Riswan/SULTRAKINI.COM)
Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi uji coba Motor Listrik bertenaga baterai di jalan raya, (Foto: Riswan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Motor Listrik tanpa emisi berkekuatan baterai dengan nama GESITS yang diproduksi melalui PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) salah satu perusahaan BUMN di Indonesia, resmi diluncurkan dan mengaspal di Sulawesi Tenggara.

Peluncuran perdana Motor Listrik ini dilakukan oleh pihak perusahaan bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara sekaligus tes uji coba perdana oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi, di pelataran Eks MTQ Kendari, Sabtu (27/2/2021).

Gubernur merupakan orang pertama di Sultra yang mengaspalkan Motor Listrik pertama di Indonesia bagian timur ini di jalan raya.

Ali Mazi mengatakan sangat mengapresiasi adanya trobosan anak bangsa yang merancang kendaraan roda dua tanpa emisi dan ramah lingkungan ini.

Menurutnya, inovasi ini sejalan atau turut membantu pelaksanaan peraturan presiden tentang terwujudnya kualitas lebih bersih dan ramah lingkungan serta komitmen Indonesia menurunkan emisi gas rumah kaca. Untuk mendukung pelaksanaan Peraturan Presiden (Perpustakaan) Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan.

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menyiapkan dua peraturan gubernur (Pergub) yang satunya telah dikonsultasikan dengan kementrian dalam negeri,” kata Ali Mazi.

Lanjutnya, kedua peraturan gubernur tersebut yaitu Pergub tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dan Pergub tentang perhitungan dasar penggunaan pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor Tahun 2021.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara juga sudah menerbitkan Instruksi Hubernur Sulawesi Tenggara Nomor 204/586 Tahun 2021 tentang percepatan implementasi program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan.

Baca:   Kemendikbud Realokasi Anggaran untuk Covid-19, Termasuk Gerakan Relawan Mahasiswa

Direktur Utama PT Wika Industri Manufaktur (WIMA), Muhammad Samyarto juga optimistis bahwasanya sosialisasi Motor Listrik GESITS di Sulawesi Tenggara adalah momentum yang baik memperkenalkan karya inovasi anak bangsa sekaligus mengajak seluruh elemen masyarakat tidak hanya Sultra khususnya, tetapi juga Indonesia Timur untuk mendorong perubahan mindset dan perilaku berkendara ramah lingkungan.

Kata dia, GESITS siap mendukung kebijakan Pemerintah Sultra untuk mengimplementasikan program renewable energy berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan di Sultra dan PLN.

GESITS, terang Samyarto, optimistis dapat bekerjasama dalam membangun infrastruktur, termasuk melakukan sosialisasi penggunaan Motor Listrik di Sulawesi Tenggara.

“Sebuah hari yang membahagiakan bagi Sultra dan GESITS. Pada hari Sabtu ini, kita semua telah mengawali sebuah langkah besar dalam perjalanan sejarah industri otomotif nasional untuk bersiap dalam menghadirkan kendaraan listrik roda dua berteknologi masa depan, dan saat ini telah hadir dealer GESITS di Kota Kendari, dan akan disusul di daerah lain di Sultra,” ucap Muhammad Samyarto.

Lanjut dia, Motor Listrik GESITS mengkombinasikan keamanan, performa, dan efisiensi. Motor ramah lingkungan ini memiliki biaya operasional yang cukup murah dan tanpa service rutin.

Untuk pengecasan baterai cukup simple, dimana dapat dilakukan pada colokan listrik biasa, layaknya mengechas Handphone atau Laptop dan biaya listrik yang dibutuhkan hanya sebesar dua ribuan rupiah untuk menempuh jarak 50 Kilometer.

“Kita ingin mendukung teman-teman disini ada industri otomotif yang bisa juga dimanfaatkan untuk daerah Sulawesi Tenggara,” tuturnya.

Baca:   Pasien Covid-19 di RSUD Wakatobi Diajak Senam Sehat Bersama Tenaga Medis

Selain itu, Motor Listrik dengan tenaga puncak 5 kW. Artinya, dengan tenaga sebesar ini GESITS mampu mengangkut 2 penumpang dan dengan 3 mode berkendara. Kecepatan maksimal GESITS dibatasi sampai dengan 70 Km/jam.

Selain itu, motor ini juga didesain menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas 1.44 KWh untuk 1 baterai dan dapat digunakan dengan 2 baterai sehingga dapat menempuh perjalanan hingga 100 Kilometer per satu kali pengisian daya.

Waktu pengisian daya antara 3 hingga 4 jam, dengan 30 min pertama dapat menempuh jarak 10 Km. GESITS memiliki fitur double disk brake, transmisi pulley, suspensi belakang monoshock, LED Daytime Running Lights, HID Projector Head Lamps.

Motor yang hadir dengan berbagai farian warna juga dilengkapi dengan digital dashboard yang dapat terkoneksi dengan aplikasi ponsel pengendara.

“Pengisian baterainya mudah sekali di rumah bisa dengan 250 Watt itu kita sudah bisa mengisi baterai. Kita sudah siapkan chargingnya seperti laptop saja dan kalau ingin mempercepat bisa pakai 450 Watt,” tambahnya.

GESITS adalah kolaborasi pemikiran dari anak terbaik bangsa dengan sejumlah Badan Usaha Milik Negara, seperti PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi, PT Pindad, PT Len, PT Wika Industri Energi, dan PT PLN. Hal ini membuktikan bahwa tingkat pemikiran dan karya Indonesia sanggup bersaing dalam kompetisi inovasi dan teknologi tinggi global yang ketat. GESITS yang hadir dalam tiga warna, yaitu merah, hitam dan putih.

Motor listrik GESITS dengan warranty battery selama 3 tahun. GESITS akan didukung dengan layanan purna jual yang sangat akomodatif dan tersebera di seluruh dealer-dealer GESITS di seluruh Indonesia. GESITS juga akan bekerja sama dengan bengkel-bengkel yang tersebar di Indonesia agar akses terhadap suku cadang dan servis menjadi lebih mudah.

Baca:   Vania Nathania Elisa Harumkan Daerah Diajang Wajah Pesona Indonesia Internasional 2020

Motor listrik GESITS saat ini dapat dibeli melalui Mitra Dealer diberbagai kota di Indonesia, untuk di Kota Kendari tersedia di Jalan Sorumba, Kelurahan Bonggoeya, Kecamatan Wua-wua. Para peminat GESITS juga dapat melakukan order online via www.gesitsmotors.com atau melalui Online Store seperti Blibli.com dan Tokopedia.com.

“Kita sedang melakukan pengembangan dealer ini sekitar hampir 26 dealer. Mudah-mudahan di akhir Maret ini semuanya sudah bisa berjalan dengan baik,” bebernya.

GESITS adalah inovasi yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Kami tidak akan pernah berhenti menghadirkan inovasi guna membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. Harapan kami, GESITS dapat menjadi pionir untuk kendaraan nasional. Mari menjadi awal dari sejarah perjalanan GESITS di Indonesia

“Sampai saat ini sekitar hampir 2.000 unit dan tersebar di Jawa dan Bali kebanyakan. Totalnya 2.000 dan terbanyak ada di Jawa Timur,” pungakasnya.

Launching yang di lakukan di depan pelataran Eks MTQ Kendari, juga dihadiri Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, Ketua KONI Sultra Agista Ariany Ali Mazi, Danrem 143/ Haluoleo Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan, Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya, Kabinda Sultra Brigjen TNI Aminullah, Ketua KADIN Sultra Anton Timbang dan sejumlah Bupati. (A)

Laporan: Riswan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan