MTQ Korpri ke-5 Dibuka, Wamenag RI: Semangat Al Quran adalah Motivasi Terbaik Abdi Negara

  • Bagikan
Pembukaan MTQ Korpri ke-5 di Provinsi Sultra. (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-5 Korps Pegawai Republik Indonesia tingkat nasional 2021 resmi digelar di Provinsi Sulawesi Tenggara, Minggu (14/11/2021).

Pembukaan MTQ Korpri ke-5 diresmikan Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi di pelataran MTQ Kota Kendari.

“MTQ kali ini tentu sarat akan makna karena Sultra yang juga sebagai tuan rumah menjadi satu di antara wilayah berkembangnya syiar Islam di Indonesia bagian timur. Di sinilah lahir Kesultanan Buton,” ucap Zainud.

Ditambahkannya, jejak Kesultanan Buton memberi semangat luar biasa bagi perkembangan bangsa Indonesia utamanya Islam. Untuk itu, masyarakat diharapkan terus meningkatkan kualitas serta berharap pelaksanaan MTQ terlaksana dengan aman, lancar, dan penuh keberkahan.

“Kita semua berharap ASN tumbuh dan memberi warna bagi keberagaman untuk persatuan Indonesia. Spirit (semangat) Al Quran adalah motivasi terbaik untuk menjadi abdi negara yang moderat, toleran, dan penuh dedikasi,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan selaku tuan rumah MTQ Korpri pihaknya bertekad menyukseskan kegiatan berskala nasional itu secara aman dan damai.

Berdasarkan laporan panitia, jumlah peserta dan official sebanyak 816 orang dari 37 kementerian/lembaga dan 34 provinsi seluruh Indonesia. Setidaknya sembilan cabang dan 25 kategori lomba untuk putra dan putri dikompetisikan di ajang tersebut.

Baca:   Habiskan Rp 13 Miliar, MTQ Korpri di Sultra Bakal Diikuti 109 Kafilah

“Kami menyadari tidaklah mungkin terwujud suatu kesuksesan tanpa adanya dukungan dan kerja sama yang baik dari semua pihak. MTQ Korpri nasional di Sultra mengalami peningkatan jumlah peserta yang signifikan. Kenaikkan lebih dari 100 persen dan menjadi terbesar dalam sejarah dengan jumlah kafilah terbanyak,” ujar Gubernur Sultra dalam sambutannya.

Kesembilan cabang lomba MTQ Korpri, yakni Tilawah (ex arena MTQ Kendari); Khotbah Jumat (Aula Masjid Raya Al Kautsar); Hifzh Al Quran golongan juz 30 (Juz Amma) dan golongan Surah Al Baqarah (Masjid Abu Bakar Ash Siddiq); Hifzh Al Quran golongan Surah Al Imran dan An Nisa dan golongan 7 surah pilihan (Masjid Al Alam Kendari); Dawah Al Quran (Auditorium IAIN Kendari).

Ada juga penulisan artikel Al Quran (Aula Perpustakaan IAIN Kendari); Khath Al Quran, golongan Dekorasi dan Kontemporer, golongan Digital (LPMP Sultra); Tartil Al Quran (Aula Dinas Cipta Karya Sultra); Adzan dan Doa (Gedung Sapta Pesona Dinas Pariwisata, Sultra). (C)

(Baca juga: Habiskan Rp 13 Miliar, MTQ Korpri di Sultra Bakal Diikuti 109 Kafilah)

Laporan: Al Iksan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan