Mubar: Soal UNKP SMP Sederajat Diamankan di Kantor Polsek

  • Bagikan
Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Dinas Pendidikan Kabupaten Muna Barat, Burhanuddin. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)
Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Dinas Pendidikan Kabupaten Muna Barat, Burhanuddin. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT Dinas Pendidikan Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara mulai mendistribusikan naskah soal ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP). Pendistribusian soal tersebut dikawal ketat aparat kepolisian.

Kepala Dinas Pendidikan Mubar, Ahmad Ramadhan melalui Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana, Burhanuddin menjelaskan sejumlah soal yang didistribusi tidak langsung dibagikan ke masing-masing sekolah, namun masih dititipkan di kantor Polsek terdekat. Misalnya, soal ujian untuk Rayon 5 akan dititipkan di kantor Polsek Tiworo Tengah.

“Tanggung jawab selanjutnya adalah masing masing di polsek yang sudah ditentukan. Jadi soal-soal yang akan di ujiankan akan bermalam di polsek-polsek terdekat,” terang Burhanuddin, Jumat (20/4/2018).

Pendistribusian soal ujian dari polsek ke masing masing sekolah dilakukan setiap hari dengan pengawalan ketat polisi. Begitu pula sebaliknya, lembar jawaban dikembalikan lagi ke kantor polsek sebagaimana tempat dititipkan soal sebelumnya.

UNKP di Mubar diikuti 43 SMP sederajat, rinciannya 35 SMP negeri, satu SMP Terbuka, enam MTSS, dan satu SMP Luar Biasa. Sedangkan empat sekolah lainnya berbasis online atau Ujian Nasional Berbasis Komputer, di antaranya SMPN 1 Sawerigadi, SMPN 1 Lawa, SMPN 1 Kusambi, dan SATAP 2 Maginti.

Total peserta ujian di Mubar sebanyak 1.839 orang terbagi atas 914 laki-laki dan 925 perempuan.

Baca:   Murid SD Hanya Ujian Sekolah, Mutu Pendidikan Harus Tetap Diperhatikan

Ujian Nasional sendiri akan dilaksanakan mulai 23-26 April 2018.

 

Laporan: Akhir Sanjaya

  • Bagikan